Tanpa Daftar BPUM, UMKM Dapat BLT Rp 1 Juta Tak Perlu Cek di eform.bri.co.id, Daftar di Sini

- 21 Desember 2023, 08:30 WIB
Ilustrasi/ Meski tanpa daftar BPUM, UMKM dapat BLT Rp 1 juta tak perlu cek di eform.bri.co.id, segera daftar di sini.
Ilustrasi/ Meski tanpa daftar BPUM, UMKM dapat BLT Rp 1 juta tak perlu cek di eform.bri.co.id, segera daftar di sini. /Tangkap layar: eform.bri.co.id/bpum

BERITA DIY - Simak informasi tanpa daftar BPUM, UMKM dapat BLT Rp 1 juta tak perlu cek di eform.bri.co.id, segera daftar di sini.

UMKM bisa mendapatkan bantuan langsung tunai hingga Rp 1 juta pada akhir tahun 2023 ini. Namun BLT itu bukanlah BPUM.

Pasalnya, Banpres Produktif Usaha Mikro yang merupakan BLT khusus UMKM sudah tidak dilanjutkan lagi pada tahun ini. Maka, pelaku UMKM tak perlu daftar BPUM atau cek di eform.bri.co.id.

Sebagai gantinya, ada bantuan lain yang bisa didapatkan oleh UMKM. Total uang Rp 1 juta bisa didapatkan dari dua program bansos dari pemerintah yaitu BLT El Nino dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai).

Baca Juga: Tanpa Input NIK KTP ke eform.bri.co.id, UMKM Dapat Bansos Rp 1 Juta Bukan BPUM, Cek di Sini

BLT El Nino merupakan bantuan teranyar di tahun 2023 dengan besaran uang yang dibgaikan Rp 200 ribu per bulan (November dan Desember).

Sementara itu BPNT merupakan bansos tahunan yang rutin diberikan kepada masyarakat yang terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) di DTKS Kemensos. Besaran BPNT (bantuan pangan non tunai) adalah Rp 600 ribu untuk tiga bulan yakni Oktober, November, dan Desember.

UMKM bisa mendapatkan dua program tersebut sekaligus jika memenuhi syarat dan akan menerima uang bantuan hingga Rp 1 juta.

Untuk mendapatkannya, ada syarat yang wajib dipenuhi oleh UMKM yaitu warga negara Indonesia yang memiliki KTP, terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan masuk ke dalam kategori keluarga miskin.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah