Tanpa Cek Penerima BPUM Eform BRI, UMKM Bisa Dapat Bantuan Uang Rp400.000 Cair Desember 2023, Ini Caranya

- 20 Desember 2023, 12:30 WIB
Cara pelaku UMKM dapat bantuan uang Rp400.000 cair bulan Desember 2023 tanpa cek penerima di BPUM Eform BRI.
Cara pelaku UMKM dapat bantuan uang Rp400.000 cair bulan Desember 2023 tanpa cek penerima di BPUM Eform BRI. /Tangkapan layar website cekbansos.kemensos.go.id

BERITA DIY - Simak informasi tanpa cek penerima BPUM Eform BRI, pelaku usaha bisa mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp400.000 yang cair bulan Desember 2023 ini, cek selengkapnya di sini.

Sebelumnya tepatnya pada tahun 2020 dan 2021 pelaku UMKM bisa mendapatkan bantuan modal usaha dengan cara memastikan diri sebagai penerima melalui link Eform BRI.

Modal untuk melakukan cek penerima adalah KTP. Namun sebelum itu pelaku UMKM melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan salah satu syarat berupa Surat Keterangan Usaha (SKU) atau Nomor Izin Berusaha (NIB).

Sayangnya program BLT UMKM yang diberi nama Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) disalurkan melalui bank BRI tersebut tidak dilanjutkan di tahun 2023 ini.

Baca Juga: INI KTP yang Bisa Cair Rp600 Ribu Saldo DANA Gratis dari Pemerintah dan Cara KLAIM agar Ditransfer ke E-Wallet

Alasannya karena pemerintah menilai pelaku UMKM telah mampu bertahan di tengah kondisi ekonomi yang tengah terjadi yang mana program BPUM tersebut diberikan saat pandemi Covid19.

Oleh karena itu, saat ini untuk melakukan cek penerima bantuan UMKM di link Eform BRI sudah tidak bisa dilakukan lagi.

Namun tak perlu khawatir karena pada akhir tahun 2023 ini, pemerintah memberikan program bantuan lagi kepada masyarakat yang bisa jadi pelaku UMKM juga termasuk sebagai penerimanya.

Program bantuan tersebut adalah bantuan langsung tunai (BLT) El Nino sebesar Rp400.000 yang diberikan kepada KPM penerima bansos PKH dan BPNT.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x