Apa Saja Syarat Umum Pengajuan KUR BRI, BNI, dan Mandiri 2024? Cek Persyaratan Pinjam Uang di Bank

- 18 Desember 2023, 14:35 WIB
Cek apa saja syarat umum pengajuan pinjaman KUR BRI, BNI, dan Mandiri 2024 lengkap persyaratan pinjam uang di bank.
Cek apa saja syarat umum pengajuan pinjaman KUR BRI, BNI, dan Mandiri 2024 lengkap persyaratan pinjam uang di bank. /Tangkap layar YouTube.com/@BANK BRI

BERITA DIY - Simak apa saja syarat umum pengajuan KUR BRI, BNI, dan Mandiri 2024 lengkap persyaratan pinjam uang di bank.

Kabar gembira bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), bahwa pemerintah telah meningkatkan anggaran Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2024 menjadi Rp 300 triliun dari Rp 297 triliun pada tahun 2023.

Sementara, penyerapan KUR 2023 masih mencapai 78.17 persen dari target anggaran Rp 297 triliun, atau hanya sekitar Rp 232,16 triliun.

Penyerapan KUR 2023 yang belum sesuai target ini diprediksi karena adanya skema subsidi bunga berjenjang. Yang mana debitur baru mendapat bunga 6 persen, sementara debitur yang mau top up pinjaman mendapat bunga hingga 9 persen.

Baca Juga: Butuh Dana Usaha Rp 100 Juta? Ajukan KUR BRI 2023 Pinjaman Uang Tanpa Jaminan di Bank BRI Terdekat

Jika tidak ada perubahan, berikut syarat KUR BRI 2024:

Usaha yang dijalankan haruslah usaha yang produktif dan layak, usaha tersebut minimal telah aktif selama 6 bulan, tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit, serta wajib memiliki KTP, KK, dan surat Izin usaha.

Namun, syarat-syarat untuk mendapatkan KUR Mikro memiliki kesamaan dengan syarat-syarat untuk mendapatkan KUR Kecil. Hanya saja, untuk KUR Kecil terdapat satu syarat tambahan yaitu harus memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat izin lainnya yang dapat dipersamakan.

Sementara itu, untuk mendapatkan KUR TKI, pengaju harus memiliki KTP, KK, perjanjian kerja dengan pengguna jasa, perjanjian penempatan, paspor, Visa, dan persyaratan lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kemudian, proses pengajuan KUR BRI 2024:

- Pastikan usaha yang diajukan untuk mendapatkan KUR adalah usaha yang produktif dan berprospek.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x