Cek Data Siswa SD SMP SMA Penerima PIP yang Belum Cair, Jadwal Kapan Saldo Masuk ke Rekening Bank BRI BNI

- 18 Desember 2023, 11:50 WIB
Ilustrasi - Cek data siswa SD SMP SMA penerima PIP yang belum cair, jadwal kapan saldo masuk ke rekening Bank BRI BNI lewat HP di pip.kemdikbud.go.id.
Ilustrasi - Cek data siswa SD SMP SMA penerima PIP yang belum cair, jadwal kapan saldo masuk ke rekening Bank BRI BNI lewat HP di pip.kemdikbud.go.id. /Tangkap layar YouTube.com/Puslapdik Kemendikbud RI

BERITA DIY - Jutaan anak sekolah di jenjang SD, SMP, SMA, SMK masih dapat bantuan uang tunai dari Program Indonesia Pintar (PIP) yang cair Desember 2023.

Informasi data siswa penerima tersedia di situs SIPINTAR. Siswa, guru, orang tua atau wali siswa bisa cek penerima PIP yang belum cair. Pengencekan juga akan memuat informasi jadwal penyalurannya.

Anda bisa mengetahui tanggal berapa saldo masuk ke rekening Bank BRI/BNI/BSI. Pengecekan bisa dilakukan lewat HP di pip.kemdikbud.go.id. Panduan cara cek penerima PIP akan tersaji di sini.

Bantuan uang tunai ini cair ke penerima sekali tiap tahunnya. PIP diberikan kepada anak sekolah SD, SMP, SMA, SMK yang berasal dari keluarga kurang mampu, miskin atau rentan miskin.

Baca Juga: Daftar KIP Penerima PIP Kemdikbud 2023 Rp1 Juta Desember INI dan Peluang BLT Rp2 Juta untuk Siswa SD SMP SMA

Sudah bertahun-tahun bantuan ini disalurkan dan siswa sudah bisa menikmatinya untuk memenuhi kebutuhan demi mendukung jalannya pendidikan. Uang dapat dimanfaatkan untuk uang saku ataupun membeli kebutuhan pendudukung kegiatan sekolah.

Pemerintah menugaskan penyaluran PIP kepada Kemdikbud. Data penerima juga telah ditetapkan dalam Dapodik dan secara transparan juga dapat dilihat oleh masyarakat umum.

Penyaluran dilakukan lewat Bank Himbara dan dibagi berdasarkan jenjang pendidikan si penerima, namuan ada aturan khusus untuk pencairan penerima yang ada di Provinsi Aceh.

Anak sekolah jenjang SD dan SMP sederajat akan menerima pencairan uang lewat Bank BRI. Lalu anak sekolah SMA dan SMK sederajat bisa mengambilnya di Bank BNI. Khusus siswa yang tingga di Provinsi Aceh ambil di Bank BSI.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x