NIK KTP Terdaftar di DTKS Kemensos, Bansos PKH Masuk Rekening! Cek Status BLT Cair Desember

- 4 Desember 2023, 09:33 WIB
Ilustrasi. Ketahui NIK KTP terdaftar di DTKS Kemensos, maka bansos PKH pasti masuk rekening! Cek status BLT cair Desember.
Ilustrasi. Ketahui NIK KTP terdaftar di DTKS Kemensos, maka bansos PKH pasti masuk rekening! Cek status BLT cair Desember. /Tangkap layar Facebook.com/Ainun Abidin

BERITA DIY - Jika NIK KTP terdaftar di DTKS Kemensos, bansos PKH pasti masuk rekening! Cek status BLT cair Desember.

Bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) menjadi salah satu program BLT dari Pemerintah yang masih diberikan pada bulan Desember 2023 ini.

Bansos PKH diberikan dengan nominal Rp 600 ribu. Namun berbeda dengan program bantuan lainnya, PKH mempunyai tujuh kategori penerima yaitu anak balita, ibu hamil-menyusui, lansia 70 tahun, disabilitas, dan biaya pendidikan anak SD, SMP dan SMA.

Menariknya, setiap kategori akan menerima uang BLT yang berbeda-beda, ibu hamil dan balita mendapatkan Rp 750 ribu per tahap, BLT lansia dan penyandang disabilitas diberikan Rp 600 ribu per tahap, anak SD Rp 225 ribu, anak SMP Rp 375 ribu, dan anak SMA diberi dana Rp 500 ribu per tahap.

Baca Juga: Tanda Cek Bansos Rp 600 Ribu Bantuan BLT PKH Oktober-Desember 2023 Sudah Cair atau Belum di Rekening BRI BNI

Adapun pada bulan Desember, penyaluran bansos PKH memasuki tahap akhir. Maka, para keluarga penerima manfaat (KPM) harap segera cek saldo di rekening dan menarik uang bantuan setelah ada tanda pengumuman pencairan dari Kemensos.

Tanda mendapatkan PKH adalah jika NIK KTP terdaftar di DTKS Kemensos. Anda dapat melakukan pengecekan melalui link website cekbansos.kemensos.go.id pakai browser HP.

Pada website tersebut akan muncul form online yang wajib diisi seperti nama lengkap, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan kelurahan/desa yang disesuaikan dengan data di KTP.

Tanda yang menunjukkan ditetapkan menjadi penerima PKH 2023 setelah login cekbansos.kemensos.go.id yaitu adanya keterangan "PKH", status "Pengurus" atau "Anggota Keluarga", "Proses Bank Himbara/Kantor Pos", dan jadwal periode "Oktober-Desember 2023".

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x