Siapkan KTP! UMKM Kategori Ini Bisa Terima Uang Bantuan BLT Rp400 Ribu, Cek Penerima Bukan di eform.bri.co.id

- 30 November 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi - Kategori UMKM yang bisa terima BLT Rp400 ribu bukan BPUM, cek penerima pakai KTP bukan di eform.bri.co.id.
Ilustrasi - Kategori UMKM yang bisa terima BLT Rp400 ribu bukan BPUM, cek penerima pakai KTP bukan di eform.bri.co.id. /UNSPLASH/John T

BERITA DIY - Siapkan KTP, UMKM yang masuk kategori ini bisa terima uang bantuan BLT Rp400 ribu cair Desember 2023. Cek penerima bukan di link eform.bri.co.id, begini caranya.

Uang bantuan langsung tunai (BLT) bisa diterima pelaku UMKM di tahun 2023 ini. Namun uang BLT bukan berasal dari Kementerian Koperasi dan UMK (Kemenkop).

Sebelumnya pada tahun 2020 dan 2021, pelaku UMKM bisa dapat BLT dari program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) Rp600 ribu cair beberapa kali.

Untuk melakukan cek penerima bisa dilakukan melalui link eform.bri.co.id dengan memasukkan NIK KTP. Sayangnya, di tahun 2023 ini bantuan BLT BPUM untuk pelaku UMKM tidak dilanjutkan.

Baca Juga: Cara Pengajuan KUR Mandiri 2023 Rp 50 Juta Tanpa Jaminan Bukan Online Lengkapi Syarat Dokumen Ini

Akan tetapi tidak perlu terlalu khawatir karena masih ada program bantuan yang bisa diterima oleh pelaku UMKM khususnya dengan kategori tertentu, berikut ini.

BLT yang bisa diterima pelaku UMKM di tahun 2023 ini adalah program BLT El Nino yang diberikan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) sebesar Rp400 ribu.

Bantuan ini diberikan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Artinya jika pelaku UMKM ingin mendapatkan BLT UMKM ini, perlu masuk dalam kategori KPM yang terdaftar di DTKS atau keluarga miskin.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x