Bantuan Uang PIP Rp1 Juta Cair, Siswa Terima Tanda Ini Cek NIK NISN dan Datang ke Bank BRI BNI Sebelum Hangus

- 4 November 2023, 10:20 WIB
Ilustrasi- Tanda khusus PIP, bantuan uang PIP Rp1 juta cair, siswa terima tanda ini cek NIK NISN dan datang ke bank BRI BNI sebelum hangus dan gagal cair.
Ilustrasi- Tanda khusus PIP, bantuan uang PIP Rp1 juta cair, siswa terima tanda ini cek NIK NISN dan datang ke bank BRI BNI sebelum hangus dan gagal cair. /Tangkap layar Instagram.com/@sobatpip
 
BERITA DIY - Informasi bantuan uang PIP Rp1 juta cair, siswa terima tanda ini cek NIK NISN dan datang ke bank BRI BNI sebelum hangus.
 
Penyaluran bantuan uang tunai PIP Kemdikbud Rp1 juta akan segera cair di rekening, siswa yang terima tanda ini bisa cek NIK NISN di pip.kemdikbud.go.id.
 
Kabar pencairan bantuan uang pendidikan kepada seluruh siswa KIP di Indonesia masih terua ditunggu, baik oleh siswa maupun orang tua.
 
Karena hingga November 2023 ini, sejumlah siswa belum mendapatkan transferan dari pemerintah terkait bantuan uang PIP hingga Rp1 juta ini.
 
 
Maka dari itu siswa perlu untuk cek laman resmi Kemdikbud dengan input NIK NISN untuk mengetahui tanda yang telah muncul di sana terkait penyaluran bantuan PIP.
 
Cara cek NIK NISN melalui laman Kemdikbud di pip.kemdikbud.go.id ini tergolong cukup mudah, cepat, dan bisa dilakukan melalui HP, asal memiliki saluran internet yang memadai.
 
Nantinya siswa yang telah memiliki KIP atau Kartu Indonesia Pintar, akan mendapatkan tanda berupa terbitnya SK Nominasi dan SK Pemberian.
 
Apabila siswa mendapatkan tanda penyaluran PIP berupa SK Nominasi, maka perlu untuk datang ke bank BRI untuk siswa SD dan SMP, sedangkan bank BNI untuk SMA dan SMK.
 
 
Siswa datang ke bank BRI BNI untuk proses aktivasi rekening SimPel yang nantinya dapat digunakan sebagai perantara pencairan uang bantuan PIP.
 
Namun sebelumnya perlu untuk koordinasi dengan pihak sekolah terlebih dahulu dalam hal aktivasi rekening, karena memerlukan surat pengantar yang telah ditanda tangani oleh Kepala Sekolah dan berstempel resmi.
 
Selain surat pengantar dari sekolah, siswa juga perlu untuk didampingi oleh orang tua sembari membawa identitas diri, KTP orang tua maupun KK.
 
Karena apabila siswa telat mengetahui bahwa tercantum sebagai penerima SK Nominasi, maka bantuan PIP bisa saja hangus dan tidak dapat dicairkan.
 
 
Proses aktivasi rekening ini merupakan langkah yang wajib dan perlu untuk ditempuh peserta KIP, supaya pemerintah dapat menyalurkan bantuan berupa uang tunai ini tepat sasaran, tranparan, dan tidak ada potongan dari pihak manapun.
 
Sedangkan bagi siswa yang telah mendapatkan tanda berupa SK Pemberian, maka bantuan akan segera cair melalui rekening yang telah diaktivasi sebelumnya.
 
Siswa hanya perlu bersabar sembari menunggu SK Pemberian berlabel status "Dana Sudah Masuk".
 
Setelah itu, baru siswa bisa segera datang ke bank BRI BNI kembali untuk proses pencairan bantuan PIP hingga Rp1 juta ini.
 
 
Berikut cara cek tanda penyaluran PIP Kemdikbud melalui laman resmi pip.kemdikbud.go.id.
 

Cara Cek PIP Kemdikbud

 
1. Akses laman pip.kemdikbud.go.id
 
2. Login dengan input NIK, NISN, dan hasil operasi hitung
 
3. Klik "Cari Penerima PIP"
 
4. Informasi terkait tanda penyaluran PIP akan muncul pada layar
 
Demikianlah informasi bantuan uang PIP Rp1 juta cair, siswa terima tanda ini cek NIK NISN dan datang ke bank BRI BNI sebelum hangus.***
 

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah