Bantuan Uang Tunai PIP Tahap 3 Cair, Segera Cek NIK NISN dan Lihat Status pip.kemdikbud.go.id Sebelum Hangus

- 16 Oktober 2023, 15:24 WIB
Ilustrasi- Cek NIK NISN di laman Kemdikbud, bantuan uang tunai PIP tahap 3 cair, segera cek NIK NISN dan lihat status penerimaan bansos di pip.kemdikbud.go.id sebelum hangus.
Ilustrasi- Cek NIK NISN di laman Kemdikbud, bantuan uang tunai PIP tahap 3 cair, segera cek NIK NISN dan lihat status penerimaan bansos di pip.kemdikbud.go.id sebelum hangus. /Tangkap layar pip.kemdikbud.go.id/
 
BERITA DIY - Simak informasi bantuan uang tunai PIP tahap 3 segera cair, segera cek NIK NISN dan lihat status di pip.kemdikbud.go.id sebelum bantuan hangus.
 
Siswa sekolah akan mendapatkan bantuan uang tunai dari program PIP tahap 3 yang akan cair pada mulai Oktober - Desember 2023 mendatang.
 
Dengan begitu siswa SD, SMP, dan SMA bisa segera cek NIK NISN untuk melihat status penerimaan di pip.kemdikbud.go.id sebelum hangus.
 
Dana PIP ini merupakan uang pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada siswa SD - SMA, yang dicairkan melalui bank BRI, BNI, dan BSI.
 
 
Sebagai informasi, untuk penyaluran uang bantuan PIP di provinsi Jawa Timur masih tergolong lebih rendah daripada Jawa Tengah maupun Jawa Barat.
 
Provinsi Jawa Timur diketahui baru menyalurkan dana bantuan PIP sebesar 58,19% ke sejumlah siswa sekolah per Oktober 2023 ini.
 
Sementara Jawa Tengah dan Jawa Barat sudah menyalurkan uang bantuan PIP tahun 2023 di atas 60% ke siswa SD - SMA.
 
Mengingat bansos PIP ini merupakan bantuan yang cair secara bertahap, maka bagi siswa yang belum mendapatkan penyaluran pada tahap 1 dan 2, bisa dengan input NIK dan NISN di pip.kemdikbud.go.id.
 
 
Dengan input NIK dan NISN, siswa bisa mengetahui status penerimaan dan kapan pencairan bantuan PIP tahap 3 tahun 2023 ini.
 
Siswa yang menerima SK Nominasi, bisa dengan aktivasi rekening SimPel di bank penyalur (BRI, BNI) sebelum waktu yang sudah dijadwalkan habis.
 
Nantinya apabila siswa tidak melakukan aktivasi rekening sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pemerintah habis, maka bantuan PIP tahap 3 bisa hangus dan gagal cair.
 
Namun hingga pertengahan Oktober 2023 ini, baik pemerintah maupun pihak Kemdikbud dan Puslapdik belum mengumumkan jadwal resmi terkait aktivasi rekening PIP.
 
 
Meskipun demikian, siswa bisa cek status penerimaan terlebih dahulu apakah tercantum sebagai penerima PIP tahap 3 atau sebaliknya.
 
Cara Cek Bantuan PIP Tahap 3
 
1. Kunjungi laman pip.kemdikbud.go.id
 
2. Inputkan NIK, NISN, dan hasil penjumlahan
 
3. Klik "Cari Penerima PIP"
 
Apabila siswa menerima SK Nominasi tahap 3, dan belum aktivasi rekening SimPel hingga kini, maka bisa konfirmasi kepada pihak sekolah terlebih dahulu.
 
Demikianlah bantuan uang tunai PIP tahap 3 cair, segera cek NIK NISN dan lihat status di pip.kemdikbud.go.id sebelum hangus.***

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x