Alasan BLT PIP Kemdikbud 2023 Tidak Cair di BRI BNI, Segera Aktivasi Rekening dan Cek NIK NISN di SIPINTAR

- 2 September 2023, 11:11 WIB
Illustrasi- Dana bantuan PIP Kemdikbud 2023, alasan BLT PIP Kemdikbud 2023 tidak cair ke BRI BNI, segera aktivasi rekening dan cek NIK NISN di laman SIPINTAR pip.kemdikbud.go.id.
Illustrasi- Dana bantuan PIP Kemdikbud 2023, alasan BLT PIP Kemdikbud 2023 tidak cair ke BRI BNI, segera aktivasi rekening dan cek NIK NISN di laman SIPINTAR pip.kemdikbud.go.id. /Unsplash.com/@Mufid Majnun
 
BERITA DIY - Berikut alasan BLT PIP Kemdikbud 2023 tidak cair ke BRI BNI, segera aktivasi rekening dan cek NIK NISN jika temukan tanda ini di SIPINTAR.
 
Ada beberapa alasan yang menyebabkan BLT PIP Kemdikbud 2023 tidak cair ke rekening BRI dan BNI milik siswa penerima.
 
BLT PIP ternyata masih disalurkan hingga bulan September 2023 ini, namun ada beberapa alasan bantuan dari pemerintah untuk siswa SD - SMA ini tidak bisa cair ke rekening.
 
Bantuan PIP Kemdikbud 2023 ini merupakan program pemerintah dalam membantu anak sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu, agar tetap mendapatkan pendidikan dengan layak.
 
 
Dengan dana PIP yang dicairkan lewat rekening BRI dan BNI, bisa siswa gunakan untuk membeli peralatan tulis menulis, seragam sekolah, bahkan untuk biaya transportasi ke sekolah.
 
Namun ada beberapa alasan yang mrnyebabkan BLT PIP Kemdikbud 2023 ini tidak kunjung cair ke rekening BRI dan BNI.

Alasan BLT PIP 2023 Tidak Cair

1. Siswa tidak tercantum sebagai penerima PIP pada tahun 2023
 
2. Rekening siswa berbeda dengan nomor rekening pada SK Pemberian
 
3. Siswa masih masuk dalam SK Nominasi 
 
4. Tidak aktivasi rekening sesui dengan jadwal yang ditentukan
 
 
PIP Kemdikbud 2023 ini hanya diberikan kepada siswa pemegang KIP maupun non KIP yang datanya sudah tercantum dalam SK Pemberian.
 
Sedangkan untuk cek SK Pemberian, siswa maupun orang tua bisa cek NIK dan NISN secara mandiri melalui laman SIPINTAR di pip.kemdikbud.go.id.
 
Cara cek SK Pemberian dengan input NIK dan NISN di laman SIPINTAR ini tergolong cukup mudah, karena bisa dilakukan secara online melalui HP.

Cara Cek SK Pemberian

1. Buka browser dan kunjungi laman SIPINTAR di pip.kemdikbud.go.id
 
2. Input NIK
 
3. Input NISN 
 
4. Tuliskan hasil penjumlahan
 
5. Klik "Cari Penerima PIP"
 
6. Hasil pencairan akan muncul pada laman SIPINTAR
 
 
Nantinya jika didapati data siswa masih masuk dalam SK Nominasi dan bukan SK Pemberian, maka siswa bukanlah penerima BLT PIP September 2023 ini.
 
Namun jika status penerimaan siswa sudah masuk dalam tahap SK Pemberian, maka dapat dipastikan bahwa BLT PIP Kemdikbud tahap 2 akan segera cair ke rekening BRI dan BNI.
 
Dengan begitu siswa ataupun orang tua juga perlu untuk cek ulang, apakah rekening yang tercantum dalam SK Pemberian sudah sama dengan rekening penerimaan PIP pada tahun sebelumnya.
 
Siswa sekolah yang datanya tercantum dalam SK Pemberian, nantinya akan mendapatkan bantuan dana PIP sebesar Rp225 ribu hingga Rp1 juta untuk jenjang SMA.
 
 
Sedangkan bagi siswa yang masih masuk dalam SK Nominasi, maka disarankan untuk cek laman SIPINTAR secara berkala, agar mengetahui jadwal aktivasi rekening tahap selanjutnya.
 
Demikianlah alasan BLT PIP Kemdikbud 2023 tidak cair ke BRI BNI, segera aktivasi rekening dan cek NIK NISN jika temukan tanda ini di SIPINTAR.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah