Apakah Bantuan UMKM 2023 Cair Lagi? Daftar ke Link Ini Bisa Dapat Rp600 Ribu Bukan BPUM Tanpa NIB, Ini Caranya

- 3 Agustus 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi - Apakah bantuan UMKM 2023 cair lagi, daftar ke link ini bisa dapat Rp600 ribu bukan BPUM 2023 tanpa syarat NIB dan SKU, cek caranya di sini.
Ilustrasi - Apakah bantuan UMKM 2023 cair lagi, daftar ke link ini bisa dapat Rp600 ribu bukan BPUM 2023 tanpa syarat NIB dan SKU, cek caranya di sini. /PEXELS/ Tom Fisk

BERITA DIY - Ketahui apakah bantuan UMKM 2023 akan cair lagi lengkap dnegan cara daftar jadi penerima BLT Rp600 ribu bukan dari BPUM dan tanpa syarat NIB berikut ini.

Memasuki kuartal ketiga tahun 2023, banyak pelaku UMKM yang masih bertanya-tanya apakah bantuan UMKM seperti Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) akan cair lagi tahun ini.

Sebagai informasi, sebelumnya KemenkopUKM telah mengungkapkan tidak akan melanjutkan pemberian bantuan UMKM di tahun 2023 ini. Alasannya karena pelaku UMKM dinilai telah mampu bertahan di tengah kondisi ekonomi.

Namun lebih lanjut, Menteri Koperasi dan UKM juga mengatakan bahwa kebijakan atau keputusan tersebut dapat berubah seiring dengan kondisi yang berlangsung atau berjalan.

Baca Juga: Syarat KUR BRI 2023 Rp 100 Juta Cair 2 Hari Tanpa Pengajuan Online kur.bri.co.id, Tabel Angsuran Rp1 Jutaan

Pernyataan tersebut, cukup membuka harapan dari para pelaku UMKM untuk mendapatkan bantuan UMKM di tahun 2023 ini. Namun sayangnya hingga hari ini belum ada informasi bantuan UMKM akan cair.

Dengan demikian, belum bisa dipastikan apakah bantuan UMKM berupa dana hibah BPUM seperti tahun 2020 dan 2021 akan cair lagi atau tidak.

Pelaku UMKM dapat menyimak update pemberian bantuan UMKM dari pemerintah melalui laman resmi dan akun sosial media KemenkopUKM maupun Dinas Koperasi dan UKM daerah.

Sembari menunggu pengumuman pemberian bantuan UMKM 2023, pelaku UMKM bisa mencoba daftar program pemerintah berikut ini untuk mendapatkan uang sebesar Rp600 ribu.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x