Redenominasi Rupiah Adalah Apa? Ini Pengertian dan Dampaknya, Pemerintah Ubah Rp 1.000 Jadi Rp 1 Kapan?

- 5 Juli 2023, 14:19 WIB
Ilustrasi - Redenominasi rupiah adalah apa? Ini pengertian dan dampaknya, serta info pemerintah ubah Rp 1.000 jadi Rp 1 kapan.
Ilustrasi - Redenominasi rupiah adalah apa? Ini pengertian dan dampaknya, serta info pemerintah ubah Rp 1.000 jadi Rp 1 kapan. /Instagram.com/@bank_indonesia

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari redenominasi rupiah adalah apa, pengertian dan dampaknya, serta pemerintah ubah Rp 1.000 jadi Rp 1 kapan.

Perbincangan tentang redenominasi rupiah kembali mencuat ke publik. Benarkah pemerintah segera menerapkan redenominasi rupiah?

Sebelumnya, ketahui terlebih dulu apa itu redenominasi, manfaat dan dampak yang terjadi ketika redenominasi rupiah.

Menurut KBBI, redenominasi diartikan penyederhanaan nilai mata uang tanpa mengubah nilai tukarnya. Misal dari Rp 1.000 menjadi Rp 1.

Baca Juga: Bukan Rupiah, Ternyata Ini Mata Uang Terendah di Dunia Berdasarkan Nilai Tukar dengan Dolar AS

Redenominasi rupiah sebenarnya sempat ramai diperbincangkan juga pada tahun 2010 lalu. Dikutip dari bi.go.id, dijelaskan tentang redenominasi rupiah adalah apa.

Bank Indonesia menjelaskan redenominasi rupiah adalah langkah menyederhanakan nilai uang dengan menghilangkan angka nol di belakangnya.

Redenominasi akan menyederhanakan penulisan nilai barang dan jasa. Hal tersebut pun akan diikuti penyederhanaan penulisan uang. 

Penyederhanaan disebut tidak menimbulkan dampak negatif bagi perekonomian. Namun persiapan dan penerapannya membutuhkan waktu panjang.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x