Upload KTP ke Aplikasi Cek Bansos, Warga Miskin Bisa Dapat PKH dan BPNT 2023 Hingga Rp2,4 Juta?

- 2 Januari 2023, 20:00 WIB
Ilustrasi - Begini cara ajukan diri atau daftar jadi penerima bansos PKH atau BPNT sembako di aplikasi cek bansos Kemensos.
Ilustrasi - Begini cara ajukan diri atau daftar jadi penerima bansos PKH atau BPNT sembako di aplikasi cek bansos Kemensos. /Tangkap layar YouTube.com/Kemensos RI

BERITA DIY - Masyarakat bisa tinggal upload KTP dan data diri lain ke aplikasi cek bansos untuk dapatkan bansos PKH hingga BPNT sembako pada Januari 2023.

Proses pengajuan jadi penerima bansos yang berhasil diterima oleh Kemensos akan membuat masyarakat dapatkan dana bantuan hingga sentuh Rp2,4 juta.

Kemensos selaku pihak penyelenggara program PKH dan BPNT sembako pastikan kedua program bantuan sosial tersebut kembali digelar pada Januari 2023 ini.

Pemerintah bahkan sudah siapkan anggaran untuk mendanai program bansos nasional, termasuk PKH dan BPNT sembako senilai Rp476 triliun.

Baca Juga: Daftar Bansos BLT yang Cair 2023, Cek Info PKH, BPNT Sembako, Subsidi Listrik, Kartu Prakerja, BPUM UMKM, BSU

Namun meski pemerintah sudah pastikan akan kembali salurkan kedua jenis bansos tersebut, pihak Kemensos belum mengumumkan apakah ada perubahan mekanisme pada 2023 ini atau tidak.

Apabila melihat penyaluran bansos PKH dan BPNT sembako pada tahun-tahun sebelumnya, mekanisme program kedua bansos tersebut bisa disimak sebagai berikut.

PKH (Program Keluarga Harapan)

Jenis bansos PKH ini menyasar keluarga miskin dari berbagai sektor, mulai dari siswa SD SMP SMA, disabilitas, ibu hamil, anak usia dini, sampai lansia.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x