Pemerintah Titipkan Penyaluran BPNT Triwulan 4 di Desember 2022 Ini, Login cekbansos.kemensos.go.id Pakai KTP

- 15 Desember 2022, 17:15 WIB
Ilustrasi cara cek penerima Bansos Sembako BPNT triwulan 4 bulan Desember 2022 yang dititipkan Kantor Pos pakai KTP.
Ilustrasi cara cek penerima Bansos Sembako BPNT triwulan 4 bulan Desember 2022 yang dititipkan Kantor Pos pakai KTP. /Instagram.com/@posindonesia.ig

BERITA DIY - Pemerintah menyalurkan subsidi bansos sembako atau yang dikenal dengan BPNT pada penyaluran bulan Desember 2022 ini. Cek penerima BPNT Rp600 ribu bisa dilakukan pakai KTP di link Kemensos.

Diketahui penyaluran BPNT bulan ini adalah jadwal triwulan 4 senilai Rp600 ribu yang terinci dari bulan Oktober, November, dan Desember 2022.

Dilansir dalam laman Kemensos, BPNT diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yaitu keluarga dengan kondisi sosial ekonomi 25 persen terendah di daerah pelaksanaan. Bentuknya berupa Kartu Keluarga Sejahtera yang salah satunya dapat dgunakan di e-warong terdekat.

Penyaluran Bansos Sembako BPNT dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai.

Baca Juga: Cuma Pakai Data KTP! Cek Status Penerima Bansos Sembako BPNT Rp600 Ribu Rapel Desember 2022 di Link Ini

"Bantuan sosial non tunai diberikan dalam rangka program penanggulangan kemiskinan yang meliputi perlindungan sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, rehabilitasi sosial, dan pelayanan dasar, tulis laman OJK.

Meski demikian, saat ini penyaluran Bansos Sembako BPNT memiliki sistem yang baru dimana bantuan cair secara langsung tunai kepada KPM.

Penyaluran Bansos Sembako BPNT dilakukan dalam beberapa tahapan triwulan dengan nominal Rp600 ribu.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia, Haris dilansir BERITA DIY dalam ANTARA pada 30 November 2022.

Baca Juga: 5 Kebutuhan Keluarga Wajib dari Uang Bansos Sembako BPNT Rp600 Ribu Rapel Tunai Desember 2022

Pihak PT Pos Indonesia menyebutkan jika pemerintah menitipkan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT triwulan 4 bulan Oktober, November, dan Desember 2022 masing-masing sebesar Rp200 ribu per bulan atau total Rp600 ribu.

"Pemerintah juga menitipkan penyaluran bantuan sembako (BPNT) triwulan IV (Oktober, November, Desember sebesar masing-masing Rp200 ribu per bulan atau total Rp600 ribu)," dilansir BERITA DIY dalam ANTARA pada 30 November 2022.

Pemilik dengan data KK yang terdaftar di cekbansos bisa mendapatkan dana bantuan Bansos Sembako BPNT hingga total Rp2,4 juta tahun 2022 per penerima.

Cara cek BPNT Triwulan 4 yang disalurkan bulan Desember 2022 pakai KTP adalah sebagai berikut:

1. Buka link online cekbansos.kemensos.go.id

Baca Juga: Login Link Cek Bansos Sembako BPNT Rp600 Ribu Rapel Desember 2022, Cair Tunai ke KK Sosial Ekonomi 25 Persen?

2. Pilih nama Provinsi

3. Pilih nama Kabupaten atau Kota

4. Pilih alamat Kecamatan

5. Pilih nama alamat Desa atau Kelurahan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

6. Kelengkapan nama lengkap sesuai KTP

7. Masukan kode pengungkit yang tertera

8. Refresh jika kode yang muncul kurang bisa dibaca dengan jelas

Cara cek lewat cekbansos.kemensos.go.id dilakukan agar masyarakat mengetahui apakah bakal menerima Bansos Sembako BPNT bulan ini atau tidak.

Baca Juga: Panduan Cek 18 Juta KK Prasejahtera DTKS yang Terima Bansos Sembako BPNT Rapel Triwulan 4 Cair Rp600 Ribu

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x