Apakah Pinjol Ilegal Harus Dibayar dan Solusi Gagal Bayar Pinjaman Online Tidak Resmi OJK 2022

- 18 November 2022, 15:55 WIB
Ilustrasi. Penjelasan apakah pinjol ilegal harus dibayar 2022, solusi gagal bayar pinjaman online tidak resmi OJK 2022 dan ciri pinjol legal.
Ilustrasi. Penjelasan apakah pinjol ilegal harus dibayar 2022, solusi gagal bayar pinjaman online tidak resmi OJK 2022 dan ciri pinjol legal. /Tangkap layar Instagram.com/@matanajwa

BERITA DIY - Penjelasan apakah pinjol ilegal harus dibayar 2022 dan solusi gagal bayar pinjaman online tidak resmi OJK 2022.

Pada 2021 lalu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mohammad Mahfud MD menyatakan masyarakat yang punya utang ke pinjol ilegal agar tidak usah membayar pelunasan.

Menurut Mahfud MD, pinjol ilegal yang tidak resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak memenuhi syarat objektif serta subjektif yang diatur dalam hukum perdata.

Dalam aturannya, pinjol ilegal tidak memenuhi syarat perjanjian dalam pasal 13 Kitab Undang-Undang Perdata (KUP) baik administrasi dan izin perdata dari OJK.

Baca Juga: Apa Saja Daftar Pinjaman Online yang Tak Ada DC Pinjol Lapangan, Tidak Datang ke Rumah Usai Galbay?

Jadi, perjanjian utang pinjol ilegal dan peminjam tidak sah di mata hukum.

Dalam penagihan utang, debt collector dari pinjol ilegal juga dinyatakan tidak resmi, meski pekerjaan DC diakui oleh negara.

Jika alami intimidasi dari DC pinjol ilegal, peminjam bisa melaporkan ke kantor polisi terdekat.

Nantinya, pihak DC dan pinjol ilegal dapat dijerat dengan pasal 368 KUH Pidana pemerasan lalu juga pasal 335 KUH Pidana tentang perbuatan tidak menyenangkan yang bisa dipakai, kemudian UU perlindungan konsumen, UU ITE pasal 29 dan pasal 32 ayat 2 dan ayat 3.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x