Lansia dan Ibu Hamil Bisa Dapat BLT PKH 2022 Masih Cair Bulan Mei, Cek BLT PKH Kemensos Cukup Pakai HP.

- 29 Mei 2022, 18:30 WIB
Ilustrasi - Cek BLT Untuk Ibu Hamil dan lansia melalui BLT PKH 2022 masih cair bulan Mei 2022, cek penerima PKH cukup pakai HP.
Ilustrasi - Cek BLT Untuk Ibu Hamil dan lansia melalui BLT PKH 2022 masih cair bulan Mei 2022, cek penerima PKH cukup pakai HP. /ANTARA FOTO/Didik Suhartono/hp
 
BERITA DIY- Berikut informasi mengenai daftar penerima BLT PKH 2022 salah satunya adalah ibu hamil dan lansia. Simak selengkapnya karena dalam artikel ini akan membahas cara cek daftar penerima BLT PKH Kemensos cukup pakai HP. 
 
BLT PKH adalah program pemerintah yang dijalankan oleh Kementerian Sosial. BLT PKH dimaksudkan untuk mengurangi kesenjangan sosial di Indonesia. 
 
BLT PKH juga diprogram untuk menyelesaikan persoalan kemiskinan. Selain itu, BLT PKH diberikan kepada masyarakat yang tercatat berada di ambang kemiskinan.
 
BLT PKH kini semakin dibutuhkan oleh masyarakat miskin mengingat dampak pandemi terhadap ekonomi. Pandemi mengakibatkan ekonomi di Indonesia terpuruk karena lumpuhnya ekonomi masyarakat akibat banyaknya PHK. 
 
 
Bansos tersebut akan diberikan kepada keluarga ataupun masyarakat yang masuk dalam kategori penerima. Kemensos mengatur beberapa golongan yang nantinya menjadi penerima manfaat BLT PKH 2022.
 
Berikut merupakan 7 golongan yang dapat menjadi penerima manfaat BLT PKH 2022 disertai besaran bantuan : 
 
 1. Ibu hamil mendapatkan bantuan sebesar Rp 3 juta setiap tahap cair Rp 750 ribu
 
 2. Anak usia dini (0-6 tahun) mendapatkan bantuan sebesar Rp 3 juta setiap tahap cair Rp 750 ribu
 
 3. Siswa SD/sederajat mendapatkan bantuan sebesar Rp 900 ribu setiap tahap cair Rp 225 ribu
 
 
 4. Siswa SMP/sederajat mendapatkan bantuan sebesar Rp 1,5 juta setiap tahap cair Rp 375 ribu
 
 5. Siswa SMA/sederajat mendapatkan bantuan sebesar Rp 2 juta setiap tahap cair Rp 500 ribu
 
 6. Lansia mendapatkan bantuan sebesar Rp 2,4 juta setiap tahap cair Rp 600 ribu
 
 7. Penyandang disabilitas berat mendapatkan bantuan sebesar Rp 2,4 juta setiap tahap cair Rp 600 ribu.
 
 
Pencairan BLT PKH dilakukan secara berkala melalui 4 tahap pembagian. Tahap pertama akan cair pada Januari hingga Maret, tahap kedua pada April hingga Juni, tahap ketiga Juli hingga September, dan tahap keempat pada Oktober hingga Desember. 
 
Adapun bagi ibu hamil akan dapatkan bantuan sebesar Rp 3 juta setiap tahunnya dan lansia sebesar Rp 2,4 juta. BLT PKH saat ini tengah masuk pada jadwal pencairan tahap kedua dan masih cair pada bulan Mei 2022.
 
Pengecekan daftar penerima BLT PKH 2022 dapat melalui laman resmi di cekbansos.kemensos.go.id. Berikut merupakan langkah untuk melakukan cek bansos bansos PKH 2022 termasuk untuk ibu hamil dan lansia yang bisa dilakukan cukup melalui HP :
 
 
1. Buka mesin pencarian masukkan kata kunci https://cekbansos.kemensos.go.id/
 
 2. Masukkan data penerima manfaat PM mulai dari data provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, desa atau dusun
 
 3. Masukkan data identitas diri sesuai dengan KTP atau KK
 
 4. Masukkan kode chapta pada kolom yang telah disediakan lalu klik "cari data". 
 
 
Demikian informasi mengenai BLT untuk ibu hamil dan lansia sebesar Rp melalui BLT PKH 2022. Cek daftar nama penerima bansos BLT PKH dari Kemensos melalui laman resmi cekbansos.kemensos.go.id yang bisa dilakukan cukup pakai HP.***

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x