Cara Daftar Bansos BPNT dan PKH, Cek Nama Penerima Manfaat di cekbansos.kemensos.go.id

- 26 Maret 2022, 09:15 WIB
Ilustrasi. Cara mendaftar bantuan sosial (bansos) BPNT, PKH dan BST. Cek nama penerima bantuan tanpa daftar Kartu Prakerja di cekbansos.kemensos.go.id.
Ilustrasi. Cara mendaftar bantuan sosial (bansos) BPNT, PKH dan BST. Cek nama penerima bantuan tanpa daftar Kartu Prakerja di cekbansos.kemensos.go.id. /PIXABAY/EmAji
BERITA DIY - Simak informasi bansos di tahun 2022 serta cara daftar PKH dan BPNT. Cek daftar nama penerima bantuan di cekbansos.kemensos.go.id.

Bagi masyarakat penerima manfaat (PM), disarankan agar rutin cek dan memantau informasi terkait bantuan sosial (bansos) PKH dan BPNT.

Penerima manfaat bansos PKH dan BPNT dapat dipantau secara berkala melalui cekbansos.kemensos.go.id, laman resmi yang disediakan oleh pemerintah.
 
Baca Juga: Kabar Baik, Ada BPNT Tambahan Sebelum Ramadhan? Cek Daftar Penerima Bansos Sembako di Link Ini

Pada tahun 2022 ini, Kementerian Sosial (Kemensos) kembali memberikan beberapa jenis bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat yang membutuhkan.

Terdapat beberapa jenis bansos seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dengan berbagai kategori di dalamnya seperti bansos ibu hamil, anak sekolah, dan lansia.
 
Selain itu juga pemerintah memberikan bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang bisa dibelanjakan di e-warong.
 

Sebagai informasi, penerima bansos merupakan mereka yang sudah tercatat dan terdaftar di situs Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Untuk masyarakat yang belum terdaftar di DTKS, Anda perlu mendaftarkan diri terlebih dulu agar bisa mendapat bansos dari Kemensos.

Berikut disediakan informasi bansos lengkap, dari cara daftar bansos hingga cara cek nama penerima bansos di cekbansos.kemensos.go.id.
 
Baca Juga: Pengumuman! Buruan Input NIK Kesini, Jangan Kaget Jika Nama Masuk Dalam Daftar Penerima Bansos PKH Maret 2022

Cek terlebih dahulu syarat-syarat dan ketentuan terkait penerima bansos sebelum mendaftar di laman Kemensos, www.kemensos.go.id.

Berikut merupakan cara daftar bantuan sosial (bansos) PKH dan BPNT.

Cara daftar bansos PKH

- Pertama, Anda harus mendatangi kantor kelurahan atau kantor desa setempat sertakan KK dan KTP peserta.

- Setelah itu, berkas Anda akan diperiksa secara kelayakannya untuk menentukan masuk atau tidaknya ke dalam DTKS.
 
Baca Juga: Cek BPNT 2022 di Link Cekbansos.kemensos.go.id dan Dapatkan Tanda Lolos agar Bansos Sembako Rp 600 Ribu Cair

- Kemudian, setelah itu akan dibuatkan berita acara yang ditandatangani oleh perangkat dan pimpinan desa setempat.

- Isi berita acara digunakan oleh dinas sosial untuk validasi dan verifikasi data untuk nantinya akan diadakan survey ke rumah Anda berdasarkan syarat DTKS.

- Setelah data berhasil divalidasi dan diverifikasi, selanjutnya data akan dimasukkan ke Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS), secara online dan offline.

- Hasil verifikasi tersebut kemudian akan dilaporkan secara bertingkat dari wali kota atau bupati, gubernur, setelah itu diteruskan kepada menteri.
 
Baca Juga: Bansos PKH 2022 tahap 1 Terakhir Cair Maret 2022, Cek Sekarang Nama Penerima BLT Rp 3 Juta di Sini Lewat HP

Cara daftar bansos BPNT

- Pertama, Anda harus mendatangi kantor kelurahan atau kantor desa setempat sertakan KK dan KTP peserta.

- Setelah itu, Anda diberikan informasi mengenai skema pendaftaran melalui surat pemberitahuan dan mengisi data.

- Kemudian, data yang telah diisi akan diproses secara bertingkat oleh kantor kelurahan, kabupaten atau walikota, dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).
 
Baca Juga: Mau Tutup! Input NIK Kesini Agar Masuk Daftar Penerima PKH Maret 2022, Lapor ke WA Ini Jika Tak Dapat Bansos

- Selanjutnya Anda diminta agar membawa kode unik individu atau keluarga dari DTKS, KTP dan Kartu Keluarga (KK) untuk keperluan verifikasi.

- Bila semua proses sudah berhasil dan diverifikasi, bank Himbara akan membuatkan rekening untuk Anda. Selain itu, juga bisa mendatangi e-warong terdekat dengan membawa KKS untuk mendapatkan sembako.

Demikian informasi bantuan sosial bansos beserta dengan cara daftar PKH dan BPNT cek di cekbansos.kemensos.go.id. ***
 

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x