Pengertian Uang Elektronik, Dasar Hukum, dan Kelebihan Serta Kekurangan Menggunakan E Money

- 11 Maret 2022, 16:50 WIB
Ilustrasi e money. Dalam artikel ini dijelaskan mengenai pengertian, dasar hukum mengenai e money, dan kelebihan serta kekurangan dalam menggunakan uang elektronik.
Ilustrasi e money. Dalam artikel ini dijelaskan mengenai pengertian, dasar hukum mengenai e money, dan kelebihan serta kekurangan dalam menggunakan uang elektronik. / Pixabay.com/@mediamodifier

BERITA DIY – Penjelasan e money yang sering digunakan sebagai alat pembayaran daring, dasar hukum, dan kelebihan serta kekurangan electronic money, selengkapnya simak di sini.

Diperkenalkannya electronic money (e money atau uang elektronik) merupakan salah satu tanda bahwa kemajuan teknologi dan informasi kini merambah ke dunia ekonomi. Dengan masuknya e money sebagai alat pembayaran yang sah memudahkan orang dengan gaya hidup cashless.

E money pun kini memiliki banyak vendor dan bisa digunakan lintas platform. Dengan terkoneksi dan tautan dari tiap platform e money, uang di satu akun bisa digunakan di berbagai aplikasi lain, contohnya dalam sistem subscription di platform streaming legal.

Baca Juga: Cara Transfer DANA ke GoPay dan Sebaliknya, Top Up Mudah, Cepat, dan Aman

Setelah menjelaskan mengenai manfaat dan kegunaan, berikut adalah penjelasan dan pengertian electronic money melalui berbagai sumber.

Menurut Bank Indonesia di bi.go.id, uang elektronik (Electronic Money) didefinisikan sebagai alat pembayaran yang memenuhi unsur-unsur sebagai berikut:

- Diterbitkan atas dasar nilai uang yang disetor terlebih dahulu kepada penerbit;

- Nilai uang disimpan secara elektronik dalam suatu media seperti server atau chip;dan

- Nilai uang elektronik yang dikelola oleh penerbit bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang mengatur mengenai perbankan.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah