BST Kemensos Cair di Juli 2021, Pemerintah Berharap Menjadi Solusi saat Pembatasan PPKM Darurat

- 2 Juli 2021, 13:30 WIB
Ilustrasi dana bantuan Bansos BST Kemensos Rp300 ribu yang dijadwalkan cair bulan juni 2021, cek status bantuan di cekbansos.kemensos.go.id pakai eKTP.
Ilustrasi dana bantuan Bansos BST Kemensos Rp300 ribu yang dijadwalkan cair bulan juni 2021, cek status bantuan di cekbansos.kemensos.go.id pakai eKTP. /PIXABAY/Emaji

BERITA DIY - Pemerintah melalui Menteri Sosial, Tri Rismaharini menyatakan bahwa Bantuan Sosial Tunai Kementerian Sosial (BST Kemensos) atau bansos akan dicairkan pada Juli 2021. 

Kepastian pencairan BST Kemensos kali ini ditargetkan akan dapat disalurkan ke sejumlah masyarakat. Target dari pemerintah sendiri, BST Kemensos kali ini akan disalurkan ke masyarakat yang telah terdaftar dalam laman cekbansos.kemensos.go.id.

Jumlah total masyarakat yang mendapatkan BST Kemensos kali ini diperkirakan mencapai 10 juta warga. Setiap warga akan mendapatkan Rp300 ribu dan akan disalurkan setiap bulan.

"Kita berharap pekan ini atau paling lambat pekan depan bansos ini [BST] dapat tersalur,” ujarnya 1 Juli 2021.

Baca Juga: Aturan Lengkap PPKM Darurat Jawa - Bali hingga 20 Juli 2021, Subsidi Listrik hingga BST Kemensos Dilanjutkan

Proses penyaluran BST Kemensos kali ini akan disalurkan melalui kantor pos-kantor pos terdekat dan Bank-Bank milik pemerintah.

Pemerintah berharap dengan pencairan BST Kemensos di Juli 2021 dapat membantu masyarakat yang akan menghadapi PPKM Darurat. Sehingga masyarakat tak perlu lagi keluar rumah untuk memenuhi kebutuhannya. 

Sebagai informasi, bantuan ini hanya diberikan ke masyarakat yang memenuhi kriteria yang ditetapkan, di antaranya sebagai berikut:

1. Warga miskin atau rentan miskin

2. Terdaftar dalam pendataan RT/RW dan berada di Desa

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta

Sumber: kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x