Siap-siap! Ini Daftar Bantuan yang akan Cair Tahun 2021, Simak Cara Mendapatkannya

- 1 Januari 2021, 14:18 WIB
Bantuan Pemerintah yang akan Cair pada 2021. Simak Cara mendapatkannya
Bantuan Pemerintah yang akan Cair pada 2021. Simak Cara mendapatkannya /PIXABAY/EmAji

BERITA DIY - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan akan memberikan sejumlah bantuan bagi masyarakat pada tahun 2021 untuk menggenjot pertumbuhan perekonomia di tengah pandemi covid-19.

Program Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), PKH, BLT Dana Desa, Kartu Prakerja, hingga Diskon Listrik merupakan bantuan yang akan akan diberikan Jokowi di tahun 2021.

Presiden Jokowi juga sudah menyiapkan anggaran di APBN tahun 2021 sebesar Rp110 triliun untuk melanjutkan program perlindungan sosial. Berikut rinciannya:

Baca Juga: Login dtks.kemensos.go.id, Ini Cara Dapat dan Cek Bansos BST Rp300 Ribu, PKH, dan BPNT Rp 200 Ribu

  1. Program Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

Anggaran yang sudah disiapkan sebanyak Rp 45,1 triliun disiapkan untuk program kartu sembako yang akan disalurkan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), masing-masing Rp200 ribu per bulan.

  1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Anggaran yang disiapkan sebesar Rp28,7 triliun untuk 10 juta KPM selama 4 triwulan.

Hanya menggunakan NIK KTP, masyarakat bisa cek online daftar penerima bantuan bansos BST PKH di link dtks.kemensos.go.id.

Masyarakat yang terdaftar di link tersebut berhak mendapatkan bantuan Rp 300 ribu per bulan yang akan cair hingga bulan Desember 2020 ini.

Bantuan sebesar Rp 300 ribu per bulan ini dicairkan melalui Pos Indonesia dan rekening bank Himbara (BRI, BNI, Mandiri, dan BTN).

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x