BLT Subsidi Gaji Tahap 6 Cair ke 700 Ribu Karyawan di Bulan Ini, Begini Cek dan Daftar BSU 2021

- 24 Desember 2020, 10:37 WIB
 Ilustrasi uang rupiah.
Ilustrasi uang rupiah. /Pixabay/EmAji

BERITA DIY - Kementerian Ketenagakerjaan optimis mampu menyelesaikan semua penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) atau BLT Subsidi Gaji untuk 12,4 juta pekerja yang berpenghasilan kurang dari Rp5 juta dan menjadi target bantuan tersebut pada bulan Desember 2020.

"Kami masih ada waktu, terutama sampai akhir tahun anggaran ini yakni tanggal 30 Desember, untuk kita terus melakukan upaya-upaya, terutama bekerja dengan HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara) bagaimana mencarikan solusi terkait persoalan-persoalan yang menyangkut retur," kata Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi.

Berdasarkan data Kemnaker sampai dengan 14 Desember 2020, penyaluran termin pertama untuk periode September-Oktober 2020 telah mencapai 12.262.371 orang atau 98,86 persen dari target 12.403.896 penerima subsidi gaji.

Baca Juga: Menparekraf Diganti, Netizen Minta Wishnutama Kembali Pimpin NET TV

Sementara itu, termin kedua untuk November-Desember 2020 sejauh ini sudah diterima oleh 11.042.252 orang dengan proses yang masih berjalan.

Menurut data BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) sebelumnya terdapat 154.887 rekening penerima bermasalah, dengan 87.963 rekening sudah diperbaiki dan diserahkan kembali ke Kemnaker. Namun demikian masih terdapat 66.924 rekening yang masih dalam proses perbaikan.

Anwar mengatakan dari sisi anggaran pemerintah masih menyediakan dana untuk subsidi gaji, tapi jika tidak sempat tersalurkan sampai 30 Desember maka dana itu akan dikembalikan.

Baca Juga: Siapkan NISN! Ini Cara Cek Penerima PIP di pip.kemdikbud.go.id, Bantuan Rp1 Juta per Siswa Cair

"Karena memang sesuai aturan kita tidak boleh menyimpan suatu anggaran yang sudah habis tahun anggarannya," kata Anwar Sanusi.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama BPJAMSOSTEK Agus Susanto juga mengutarakan rasa optimis untuk menyelesaikan penyaluran kepada 12,4 juta orang tersebut.

Ia menegaskan pihaknya terus bekerja untuk memperbaiki sisa data-data dengan rekening bermasalah yang menyebabkan retur itu.

Baca Juga: Pernah Jadi Ketua BKPM Hingga Timses Jokowi, Berikut Profil Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x