Cara Daftar BST dan Cek yang Cair di Desember 2020 dan 2021, Ini Syarat Dapat Bansos Kemensos

- 22 Desember 2020, 05:00 WIB
Klik link dtks.kemensos.go.id, berikut cara daftar dan cek online Bantuan Bansos BST Rp 300 ribu per KK PKH pakai KTP.
Klik link dtks.kemensos.go.id, berikut cara daftar dan cek online Bantuan Bansos BST Rp 300 ribu per KK PKH pakai KTP. /Humas Kemenko PMK

BERITA DIY - Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 300 ribu per KK cair pada bulan Desember ini dan diperpanjang pada 2021 mendatang.

Adapun BST merupakan program Kementerian Sosial (Kemensos). Penerima BST pada tahun 2021 akan ditambah dibanding tahun 2020 ini.

Dalam menyalurkan BST, Kemensos dengan menggandeng PT Pos melalui kantor pos, komunitas dan juga langsung ke rumah-rumah bagi warga disabilitas berat maupun usia lanjut termasuk ke daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

Baca Juga: BLT UMKM Diperpanjang hingga 2021! Ini Syarat, Cara Daftar dan Cek BPUM Agar Dapat Rp 2,4 Juta

BST telah disalurkan pada April-Juni 2020 dengan nilai bantuan sebesar Rp600 ribu per KPM, kemudian berkurang menjadi Rp300 ribu per KPM pada Juli-Desember 2020.

Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan dalam pendistribusian BST, pihaknya mengerahkan 16.000 personel.

"Kami punya 4.500 Kantor Pos di seluruh Indonesia, kita akan mengirim undangan kepada penerima BST untuk mengambil bantuan. Kalau jauh dari Kantor Pos, sekitar lima km, kita yang datang ke kantor RW atau komunitas, kalau terlalu jauh sampai 20 km dan tidak mungkin berkumpul, kami antarkan ke rumah," kata Faizal.

Baca Juga: Ketahui Cara Daftar, Ini Bocoran Jadwal Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka di www.prakerja.go.id

Pemerintah menetapkan syarat bagi masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan sosial dari Kemensos tersebut. Di antaranya sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x