14 Ribu Wisatawan Kunjungi Pantai Gunungkidul saat Libur Panjang, Hati-hati Ada Gelombang Tinggi

- 29 Oktober 2020, 18:01 WIB
Salah satu pantai yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta.
Salah satu pantai yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta. /Instagram South Sore

BERITA DIY - Belasan ribu wisatawan mengunjungi objek wisata di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama dua hari terakhir.

Kepala Seksi Objek dan Daya Tarik, Bisang Pengembangan Destinasi, Dinas Pariwisata Gunung Kidul Aris Sugiyantoro mengatakan pada Rabu 28 Oktober 2020, jumlah pengunjung dalam sehari sekitar 5 ribu, dan hari ini hingga sore ini sekitar 9 ribu pengunjung masuk ke objek wisata, baik wisata pantai, gua dan pegunungan.

"Jumlah kunjungan wisatawan terus meningkat. Kami prediksi, puncak kunjungan wisatawan akan terjadi pada Sabtu dan Minggu ini. Kunjungan wisatawan masih didominasi ke pantai," kata Aris.

Baca Juga: Biaya Franchise, Peluang Bisnis dan Proyeksi Pendapatan Waralaba JNE, JET Express, TIKI dan SiCepat

Adapun untuk kawasan pantai, sebagian besar yang ramai dikunjungi adalah kawasan Pantai Baron sampai dengan Poktunggal. Salah satu yang cukup padat dan ramai adalah di Pantai Ngrawe, parkir kendaraan sendiri lebih manyak dilakukan di kawasan Pantai Kukup.

Dinas di hari libur ini semua turun ke lapangan untuk melakukan pemantauan. Sejak pagi aktifitas sendiri sudah mulai ramai, mayoritas pengunjung berasal dari wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga: Cara Daftar dan Cek Penerima Bansos BST Rp 500 Ribu per KK, Beras 15 Kg dan Bantuan Terbaru Pakai HP

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata, Harry Sukomon mengungkapkan target ini tergolong rendah dan realistis mengingat saat ini pandemi masih terus terjadi. Pihak dinas menerjunkan sejumlah personil khususnya di objek wisata dan tempat pemungutan retribusi.

"Target kami selama libur panjang ini Rp400 juta rupiah dari seluruh objek wisata," kata Harry Sukmono.

Baca Juga: Waduh! BPJS Ketenagakerjaan & Kemnaker Hapus 152 Ribu Penerima BLT Subsidi Gaji Gelombang 2, Kenapa?

Pihak yang diterjunkan nantinya diminta untuk mengawasi secara ketat penerapan protokol kesehatan. Sehingga jika ada jumlah wisatawan membludak tidak terjadi penyebaran dan temuan kluster anyar di objek wisata.

Beberapa hari lalu, Koordinator SAR Satlimas wilayah II, Marjono mengatakan, momen kali ini juga bertepatan dengan prediksi gelombang tinggi. Untuk itu pihaknya mengimbau wisatawan untuk tidak bermain air terlalu ke tengah dan selalu mewaspadai gelombang yang datang.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2 Cair Minggu Depan, Penuhi Syarat Ini Agar Cair

Pihaknya menerjunkan 64 anggota SAR wilayah II. Para petugas SAR nanti akan keliling untuk mengingatkan wisatawan dengan pengeras suara agar tidak mandi atau bermain ke bibir pantai.

"Kami juga sudah infokan informasi ini kepada nelayan untuk meminggirkan kapal. Tapi kalau tadi malam mereka masih melaut,” kata Marjono.***

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Antara Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x