Festival Kebudayaan Yogyakarta Tahun Ini Digelar Menarik di Tengah Pandemi , Catat Tanggalnya

- 1 September 2020, 19:50 WIB
Festival Kebudayaan Yogyakarta 2020
Festival Kebudayaan Yogyakarta 2020 /Tangkapan layar instagram.com/ infofky

BERITA DIY - Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2020 yang merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta akan kembali diselenggarakan pada 21-26 September 2020.

Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) tahun ini telah memasuki tahun ke-32, sebelumnya FKY dikenal sebagai festival kesenian Yogyakarta hingga pada tahun 2019 berubah nama menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta.

Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2020 mengangkat tema besar #MULANIRA2 yang melanjutkan tahun sebelumnya disertai dengan spirit “Akar Hening di Tengah Bising. Mulanira sendiri diambil dari Bahasa Jawa Kuno yang berarti wiwitan; mulai; pada mulanya yang dimaknai sebagai proses yang berkelanjutan.

Baca Juga: Festival Literasi Indonesia Digelar 1-7 September 2020, Berikut Jadwal Lengkapnya

Pandemi Covid-19 membuat penyelenggaraan FKY harus mampu beradaptasi dengan praktik kenormalan baru di lingkup festival seni. Akan diselenggarakan selama 6 hari dengan berbagai program yang menarik dan interaktif. Disajikan secara daring dan luring yang akan memberikan pengalaman baru dalam menikmati karya seni.

Sebelum pembukaan acara FKY ini akan dilangsungkan dua buah kegiatan pra acara berupa Local Heroes pada Senin, 7 September 2020 dan Pertunjukan Kolaborasi Nafas Tanafas pada Senin, 14 September 2020.

Agenda kegiatan selanjutanya adalah pembukaan pada 21 September 2020 dilanjutkan dengan pameran seni rupa di museum sonobudoyo hingga hari terakhir pelaksanaan FKY. Selain itu juga diselenggarakan Webinar Konferensi Pertunjukan dan Teater Indonesia pada 23 September 2020. Pada 24 September 2020 akan diadakan Pertunjukkan Orkes Music Keroncong dan penutupan FKY akan dilaksanakan pada 26 September 2020.

Baca Juga: Sukses Film Tilik, Dinas Kebudayaan DIY Adakan Lagi Kompetisi Film Berhadiah Ratusan Juta

FKY 2020 juga menyelenggarakan beberapa kompetisi yang dapat diikuti oleh masyarakat luas. Kompetisi tersebut yaitu Tari Kreasi Mulanira, Mulanira Photo Challenge, Kompetisi Cerpen Mulanira, Dhagelan Basa Jawa, dan Hand Lettering Aksara Jawa.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x