Festival Literasi Indonesia Digelar 1-7 September 2020, Berikut Jadwal Lengkapnya

- 1 September 2020, 18:46 WIB
Festival Literasi Indonesia 2020
Festival Literasi Indonesia 2020 /Tangkapan layar instagram.com/ festivalliterasiindonesia

BERITA DIY - Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, menyelenggarakan rangkaian acara Festival Literasi Indonesia 2020 pada tanggal 1-7 September 2020.

Festival Literasi Indonesia ini diselenggaranakan dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional 2020 yang jatuh pada 8 September 2020. Serangkaian acara Festival Literasi Indonesia tahun ini dilaksanakan secara daring mulai pukul 08.00-18.00 WIB.

Tema yang diangkat dalam acara ini adalah “Pembelajaran Literasi pada Masa Pandemi Covid-19: Momentum Perubahan Paradigma Pendidikan”. Tema ini sesuai dengan tema UNESCO yang menyoroti perubahan peran pendidik dan pedagogi dalam program literasi anak muda/remaja dan orang dewasa.

Baca Juga: Mulai Besok, Berikut Cara Mendapatkan Kuota Gratis hingga 50 GB dari Kemendikbud

Festival Literasi Indonesia ini merupakan kegiatan kolaborasi antara Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang bekerja sama dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat, pegiat literasi, sastrawan serta elemen masyarakat lainnya. 

Agenda kegiatan peringatan Hari Aksara Internasional ini telah dibuka dengan Prakegiatan yang dilaksanakan pada 10 Juli hingga 31 Agustus 2020 lalu, kegiatannya berupa apresias dan lomba literasi serta serambi literasi yang berupa sepuluh sesi diskusi.

Selanjutnya dilaksanakan pekan perayaan berupa pameran foto dan video hari aksara internasional, diskusi pameran, pemutaran profil pegiat atau komunitas literasi, pertunjukkan seni, pelatihan literasi mulai dari bahasa isyarat, audio book, menulis catatan perjalanan, menulis puisi, mendongeng, pengolahan data dan infografis, serta katalogisasi dan klasifikasi, juga pemutaran video testimoni tentang taman bacaan masyarakat.

Baca Juga: Cara Lengkap Mengarsipkan Kelas di Google Classroom dengan Mudah

Terakhir akan akan dilaksanakan malam puncak perayaan festival literasi indonesia pada hari Selasa, 8 Agustus 2020. Kegiatannya berupa upacara hari aksara, diskusi pemenang praktik baik pemenang apresiasi dan lomba literasi, pertunjukkan seni dan seminar nasional maupun internasional.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x