Pembukaan Cupu Kyai Panjala 2022 di Gunungkidul, Ini Kondisi Cupu Panjala Saat Dibuka

- 11 Oktober 2022, 11:34 WIB
Tradisi pembukaan Cupu Kyai Panjala. Informasi mengenai pembukaan Cupu Panjala 2022 di Gunungkidul dan berikut kondisi Cupu Kyai Panjala saat dibuka.
Tradisi pembukaan Cupu Kyai Panjala. Informasi mengenai pembukaan Cupu Panjala 2022 di Gunungkidul dan berikut kondisi Cupu Kyai Panjala saat dibuka. /tangkap layar/warisanbudaya.kemdikbud.go.id

BERITA DIY - Berikut informasi pembukaan Cupu Kyai Panjala 2022 di Gunungkidul dan kondisi Cupu saat dibuka.

Tradisi pembukaan Cupu Kyai Panjala kembali digelar di Dusun Mendak, Girisekar, Panggang, Gunungkidul pada Selasa, 11 Oktober 2022 dini hari.

Seperti biasa pembukaan Cupu Kyai Panjala yang dilakukan setahun sekali ini digelar di kediaman pewaris atau juru kunci, Dwijo Sumarto.

Sebagai informasi, kakek buyut Dwijo Sumarto merupakan saudara kandung dari Eyang Seyek, penemu Cupu Kyai Panjala.

Baca Juga: Tedak Siten Adalah Apa? Tradisi Masyarakat yang Berasal dari Mana, dan Acara Adat Dilakukan Usia Berapa

Beberapa tokoh dan pejabat turut menghadiri pembukaan Cupu Panjala seperti Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Kepala Dinas Pariwisata, dan Dewan Budaya.

Sebelum pembukaan Cupu Panjala, kegiatan diawali dengan dua kali kenduri dengan rincian yatu:

1. Kenduri pertama

Kenduri pertama merupakan kenduri ‘permohonan’ hajat. Pemilik hajat sebelumnya telah mengutarakan hajat ke juru kunci atau trah pewaris dengan ikut serta menyerahkan kain mori baru serta bahan olahan nasi kenduri berikut pelengkapnya. Bahan olahan makanan dari para pemilik hajat kemudian dibagi ke hadirin berupa sajian nasi uduk dan ingkung.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah