Tedak Siten Adalah Apa? Tradisi Masyarakat yang Berasal dari Mana, dan Acara Adat Dilakukan Usia Berapa

- 26 September 2022, 14:08 WIB
Ilustrasi - Tedak Siten adalah apa, tradisi masyarakat yang berasal dari mana, dan acara adat dilakukan anak usia berapa hingga barang yang harusa ada.
Ilustrasi - Tedak Siten adalah apa, tradisi masyarakat yang berasal dari mana, dan acara adat dilakukan anak usia berapa hingga barang yang harusa ada. /pixabay.com/jry140305

BERITA DIY - Berikut informasi Tedak Siten adalah apa, tradisi masyarakat yang berasal dari mana, dan acara adat dilakukan anak usia berapa?

Salah satu tradisi masyarakat yang sedang banyak dicari tahu Tedak Siten adalah apa, berasal dari mana hingga usia berapa melakukan tradisi adat ini.

Tedak Siten kembali ramai dicari tentang tradisi adat mana setelah anak dari Atta Halilintar dan Aurel yaitu Ameena melakukannya.

Seperti diketahui bahwa tradisi Tedak Siten merupakan salah satu upacara adat dari tanah jawa yang biasa dilakukan oleh anak-anak.

Baca Juga: Lestarikan Budaya Leluhur, Trah Sultan Hamengku Buwono III Kembali Ziarah Kubur ke Makam Raja Imogiri

Melansir dari laman kebudayaan.jogjakota.go.id, Tedhak Siten atau Tedak Siten berasal dari kata Tedhak memiliki berarti turun (menapakkan kaki) dan Siten atau Siti yang artinya tanah.

Sehingga dalam uraian kata di atas Tedak Siten merupakan tradisi menginjakkan atau menapakkan kaki ke tanah bagi seorang anak.

Tedak Siten juga bisa diartikan sebagai upacara pada saat anak turun tanah untuk pertama kali, atau disebut juga mudhun lemah atau unduhan, masyarakat memiliki anggapan bahwa tanah mempunyai kekuatan gaib.

Upacara Tedak Siten berlangsung saat anak berusia 7 lapan kalender jawa atau 8 bulan kalender masehi.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x