Jadwal Shalat Untuk Wilayah Jogja dan Solo Hari Ini, Kamis, 28 April 2022

- 28 April 2022, 03:00 WIB
Ilustarsi - jadwal shalat untuk wilayah Jogja dan Solo per hari ini, Kamis, 28 April 2022 atau bertepatan dengan 26 Ramadhan 1443 H.
Ilustarsi - jadwal shalat untuk wilayah Jogja dan Solo per hari ini, Kamis, 28 April 2022 atau bertepatan dengan 26 Ramadhan 1443 H. /PEXELS/Monstera

BERITA DIY - Simak jadwal shalat untuk wilayah Jogja dan Solo per hari ini, Kamis, 28 April 2022 atau bertepatan dengan 26 Ramadhan 1443 H.

Untuk mengetahui jadwal shalat wajib 5 waktu, umat Islam dapat melihat tanda-tanda perubahan matahari atau rotasi bumi terhadap matahari sebagaimana disebutkan dalam ajaran fiqih.

Misal, apabila bayangan suatu benda sama panjangnya dengan benda tersebut dengan sedikit lebih, maka itu pertanda waktu ashar telah masuk.

Baca Juga: Kapan Waktu Pelaksanaan Shalat Tasbih? Apa Bisa pada Siang Hari? Simak Tata Cara Lengkap dengan Bacaan Niat

Contoh yang lain, durasi waktu sejak terbenamnya matahari hingga hilangnya awan merah atau syafaq, ialah waktu shalat maghrib.

Tanda-tanda perubahan alam itu juga menjadi pertanda masuknya waktu shalat wajib lainnya, mulai dzuhur, isya, hingga subuh.

Maka itu, jam modern sebenarnya tidak bisa dijadikan patokan masuk waktu shalat. Itulah mengapa beberapa daerah mempunyai jadwal shalat berbeda.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Shalat Malam Lailatul Qadar Hari Ini: Jadwal, Jam Berapa, Berapa Rakaat dan Keutamaan

Di setiap negara, akan ada lembaga fatwa yang mengkonversi jadwal shalat berdasarkan fiqih menjadi jadwal shalat berdasarkan jam modern.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x