Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi? ini Penjelasan BPPTKG dan Makna Warna Meteor

- 29 Mei 2021, 11:15 WIB
Salah satu tugas BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi adalah melakukan mitigasi Gunung Merapi, namun kami tidak memiliki tugas untuk mengamati benda langit. Sehingga lembaga-lembaga tersebut tidak bisa memastikan benda apa yang terlihat dalam gambar.
Salah satu tugas BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi adalah melakukan mitigasi Gunung Merapi, namun kami tidak memiliki tugas untuk mengamati benda langit. Sehingga lembaga-lembaga tersebut tidak bisa memastikan benda apa yang terlihat dalam gambar. /Twitter.com/@merapi_uncover

BERITA DIY - Pada Jumat siang, 28 Mei 2021 pukul 12.33 WIB, foto dari Gunung Merapi yang diduga kejatuhan meteor viral di media sosial. Berikut penjelasan LAPAN dan apa makna warna dari meteor.

Foto tersebut merupakan hasil jepretan Gunarto Song yang diunggah kembali oleh akun Twitter @merapi_uncover. Dalam postingan tersebut, tampak ada kilatan cahaya berwarna biru kehijauan (cyan).

"Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi, Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta (27 Mei 2021). Foto: Gunarto_song," tulis akun Twitter @merapi_uncover.

Baca Juga: 5 Tips agar Tidak Terjebak Bayar Mahal Makan Lesehan Malioboro, Cara Hemat Biaya saat Liburan

Hingga Sabtu siang, 29 Mei 2021 unggahan di akun tersebut telah di retweet ulang sebanyak 30.000 kali. Dan disukai oleh hampir lebih 100.000 akun di Twitter.

Gunarto, yang memotret foto tersebut menjelaskan ia benar-benar melihat cahaya putih dengan durasi begitu cepat.

"Foto diambil dari lokasi Batu Alien di daerah Kaliadem, Cangkringan pada Kamis malam 27 Mei 2021. Sekitar pukul 23.07 WIB," kata Gunarto saat dihubungi media, Jumat, 28 Mei 2021.

Baca Juga: Sambut Hari Kebangkitan Nasional 2021, Gubernur DIY Inisiasi Gerakan Indonesia Raya Bergema

Namun, Gunarto tak bisa memastikan apakah sesuatu yang diduga meteor itu turun tepat di kawah Gunung Merapi. Sebab, yang ia potret punya perspektif dari tempat ia menjepret. Seolah-olaj benda bercahaya itu jatuh di puncak Gunung Merapi.

Terekam CCTV 

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x