Tips agar Tidak Mudah Mengantuk Saat Belajar, Lakukan 7 Hal Ini agar Prestasi Meningkat

- 9 November 2020, 11:03 WIB
Ilustrasi Mengantuk.(Pexels)
Ilustrasi Mengantuk.(Pexels) /Pexels

BERITA DIY - Meski kondisi kini tengah di masa pendemi, kegiatan belajar mengajar masih tetap berlangsung secara daring atau online.

Pelajar banyak menghabiskan waktu mereka dengan tugas di depan layar komputer atau smartphone.

Kegiatan seperti ini bisa menjadi hal yang membosankan atau monoton jika tidak disiasati, salah satunya adalah mudah mengantuk saat belajar.

Baca Juga: Cara Daftar Bantuan UMKM Beserta Link Cek Penerima BPUM di Eform BRI eform.bri.co.id/BPUM via Online

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa kantuk itu, berikut Berita DIY rangkum dari beberapa sumber

1. Belajar diiringi musik
Penelitian menunjukkan jika musik bisa membantu dalam hal konsentrasi. Tentu saja selera musik tiap orang berbeda, dan tidak semua bisa berkonsentrasi belajar sambil mendengarkan musik.

Namun mencoba belajar sambil diiringi dengan musik klasik atau musik instrumental bahkan dengan musik favorit dalam playlist bisa membantu dalam berkonstrasi dan menghilangkan rasa kantuk.

2. Belajar di ruangan yang terang

Sadar atau tidak penerangan cahaya dalam ruang tempat belajar memengaruhi kondisi psikis kita. Ketika keadaan ruangan temaram atau redup respon otak menarima kondisi itu sebagai sinyal untuk tidur. Itulah yang menyebabkan belajar jadi mudah mengantuk jika dilakukan dalam ruangan dengan penerangan yang kurang.

3. Mengunyah permen karet

Kalau sudah merasa kantuk menyerang ketika belajar cobalah langsung mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet dalam mulut akan menggerakan otot-otot rahang. Gerakan pada otot ini mengalihkan pikiran kantuk ke dalam pikiran fokus.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x