Kumpulan Doa Menyembelih Hewan Kurban untuk Diri Sendiri dan Orang Lain yang Benar dan Lengkap

- 11 Juni 2024, 15:15 WIB
Ilustrasi. Kumpulan doa menyembelih hewan kurban untuk diri sendiri dan orang lain. Simak selengkapnya.
Ilustrasi. Kumpulan doa menyembelih hewan kurban untuk diri sendiri dan orang lain. Simak selengkapnya. /Unsplash/Alwi Hafizh A.

BERITA DIY - Berikut ini adalah informasi tentang kumpulan doa menyembelih hewan kurban baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Simak di sini bacaan yang benar dan lengkap. 

Sudah memasuki minggu kedua bulan Juni 2024 itu artinya Hari Raya Idul Adha semakin dekat. Menjelang perayaan hari besar tersebut, tentunya umat Muslim di seluruh dunia bersiap untuk melaksanakan ibadah kurban. 

Ibadah kurban ini dilakukan oleh sebagian umat Muslim sebagai wujud ketaatan pada Allah SWT. 

Sejatinya, bagi yang ingin menyumbangkan hewan untuk dikurbankan adalah ibadah yang sangat dianjurkan. Namun, ibadah ini hukumnya sunnah muakkad. 

Baca Juga: Bacaan Doa Menyembelih Hewan Kurban Kambing maupun Sapi Saat Idul Adha Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad

Bagi setiap orang Islam yang sudah baligh, berakal, dan mampu, maka bisa melakukan ibadah ini atau menyembelih hewan kurban yang telah ditetapkan oleh syariat Islam. 

Hari Raya Idul Adha sendiri merupakan wujud ketulusan Nabi Ibrahim a.s untuk menjalankan perintah Allah SWT untuk menyembelih putranya, yakni Nabi Ismail a.s. 

Namun, dengan Kuasa-Nya, Allah mengirimkan seekor domba untuk disembelih. Dari sinilah asal usul ibadah kurban yang kemudian diteruskan oleh umat Islam hingga saat ini. 

Baca Juga: Bacaan Doa Menyembelih Hewan Kurban Kambing, Sapi untuk 7 Orang, Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad SAW

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah