Bacaan Doa Menyembelih Hewan Kurban Kambing maupun Sapi Saat Idul Adha Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad

- 9 Juni 2024, 10:30 WIB
Ilustrasi - Bacaan doa menyembelih hewan kurban kambing maupun sapi saat Idul Adha yang sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW.
Ilustrasi - Bacaan doa menyembelih hewan kurban kambing maupun sapi saat Idul Adha yang sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW. /Dwi Widiyastuti/PEXELS/Moaz Tobok

BERITA DIY - Simak bacaan doa menyembelih hewan kurban kambing maupun sapi saat Idul Adha yang sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW.

Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah sudah di depan mata. Diperkirakan Idul Adha tahun ini bertepatan dengan Senin, 17 Juni 2024.

Nah, menyembelih hewan kurban kambing, sapi maupun kerbau merupakan salah satu ibadah yang bisa dilakukan ketika Hari Raya Idul Adha.

Penyembelihan hewan kurban merupakan perintah dari Allah SWT ketika Hari Raya Idul Adha, yang tertuang dalam Al-Qur’an Surat Al Kautsar ayat 1 - 2:

“Sesungguhnya Kami (Allah) telah memberikan engkau (Muhammad) nikmat yang  banyak, maka sholatlah kamu karena Tuhanmu dan sembelihlah (kurbanmu)”.

Baca Juga: Contoh Surat Edaran Qurban di Sekolah pada Idul Adha 2024 untuk Orang Tua dan Wali Murid

Waktu menyembelih hewan kurban

Proses penyembelihan bisa dilakukan sendiri maupun diwakili oleh orang yang sudah ahli agar tidak menyakiti hewan kurban.

Menyembelih hewan kurban bisa dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijjah. Tapi tak cuma sehari saja.

Penyembelihan hewan kurban bisa dilakukan juga pada hari Tasrik, yaitu tanggal 11 Dzulhijjah, 12 Dzulhijjah hingga terbenamnya matahari pada 13 Dzulhijjah.

Halaman:

Editor: Jihad Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah