Apa Itu Hari Sejuta Kiblat? Kemenag Menggelar Pengukuran Sejuta Arah Kiblat Pada Senin, 27 Mei 2024 Mendatang!

- 23 Mei 2024, 17:52 WIB
Ilustrasi - Apa itu Hari Sejuta Kiblat? Cek di sini penjelasan lengkapnya, kegiatan yang akan dilakukan oleh Kemenag RI pada Senin, 27 Mei 2024 mendatang.
Ilustrasi - Apa itu Hari Sejuta Kiblat? Cek di sini penjelasan lengkapnya, kegiatan yang akan dilakukan oleh Kemenag RI pada Senin, 27 Mei 2024 mendatang. /UNSPLASH/@adliwahid

BERITA DIY - Berikut ini informasi tentang apa itu Hari Sejuta Kiblat. Kementerian Agama RI menghimbau dan mengajak masyarakat untuk menggelar pengukuran sejuta arah kiblat pada Senin, 27 Mei 2024 mendatang. 

Melansir dari website resmi Kementerian Agama RI, bahwa pada hari Senin, 27 Mei 2024, Kemenag akan menggelar pengukuran arah kiblat. 

Kegiatan ini dilakukan dengan memanfaatkan peristiwa "rahshdul qiblah". Pada peristiwa tersebut, matahari akan melintas tepat di atas Ka'bah, sehingga bayang-bayang benda akan lurus ke arah kiblat.

Oleh karenanya, Kemenag menggelar pengukuran kiblat tersebut dengan tajuk “Hari Sejuta Kiblat”. Lantas apa maknanya? 

Baca Juga: Tips 3 Cara Tentukan Arah Kiblat sebelum Sholat dengan Mudah saat Bepergian, Cukup Gunakan HP!

Makna dari Hari Sejuta Kiblat ini adalah, lantaran peristiwa rahshdul qiblah merupakan momen yang penting, maka proses pengukuran kiblat ini akan melibatkan lebih dari satu juta masyarakat untuk mengukur arah kiblat secara serentak dalam satu hari di seluruh wilayah di Indonesia.

Masih melansir dari website Kemenag, adanya kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan pemahaman tentang arah kiblat dan cara menentukannya.

Selain itu, lewat kegiatan ini memiliki tujuan untuk menguatkan ikatan dan rasa kebersamaan umat Islam di seluruh Indonesia, melalui fokus yang sama terhadap arah kiblat. 

Baca Juga: Naskah Khutbah Jumat 24 Mei 2024 Rashdul Qiblah Kemenag Teks Terbaru Lengkap dengan Doanya Download PDF Gratis

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah