Penjelasan Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan Terhadap NKRI Beserta Contoh, Ini Cara Mengatasi ATHG

- 24 April 2024, 11:32 WIB
Ilustrasi Contoh gangguan terhadap nkri, tuliskan tiga contoh tindakan yang sudah kamu lakukan, cara mengatasi ancaman tantangan hambatan gangguan.
Ilustrasi Contoh gangguan terhadap nkri, tuliskan tiga contoh tindakan yang sudah kamu lakukan, cara mengatasi ancaman tantangan hambatan gangguan. /ANTARA

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari contoh gangguan terhadap nkri, tuliskan tiga contoh tindakan yang sudah kamu lakukan, cara mengatasi ancaman tantangan hambatan gangguan, apa akibat jika tidak ada keutuhan nkri.

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai sebuah negara berdaulat menghadapi berbagai jenis Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan (ATHG) yang dapat mengganggu keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa.

Memahami ATHG dan cara mengatasinya merupakan kewajiban bagi setiap warga negara dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sesuai dengan Undang-Undang RI No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.

1. Ancaman

Ancaman terhadap NKRI dapat berasal dari dalam dan luar negeri yang membahayakan kedaulatan negara. Ini dibagi menjadi dua jenis:

Ancaman Militer: Melibatkan penggunaan kekuatan bersenjata yang secara langsung membahayakan keamanan nasional.

Ancaman Non Militer: Ancaman yang tidak melibatkan senjata, seperti cyber-attacks, propaganda, atau intervensi ekonomi yang dapat mengganggu stabilitas nasional.

Baca Juga: JAWABAN Jelaskan Tantangan Pergaulan Masyarakat pada Era Digital Termasuk Menurut Agama, Ini Link Download PDF

2. Tantangan

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah