HORE! NIK KTP Pekerja Berciri Ini Jadi 1 Juta Penerima Saldo Dana GRATIS 700 Ribu Non BSU BPJS Ketenagakerjaan

- 23 April 2024, 17:01 WIB
Ilustrasi - Bsu kapan cair lagi, info bsu terbaru, cek nik penerima bsu BPJS Ketenagakerjaan, BSU 2024 apakah ada, login kemnaker.go.id, daftar BSU 2024
Ilustrasi - Bsu kapan cair lagi, info bsu terbaru, cek nik penerima bsu BPJS Ketenagakerjaan, BSU 2024 apakah ada, login kemnaker.go.id, daftar BSU 2024 /Tangkap layar bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari bsu kapan cair lagi, info bsu terbaru, cek nik penerima bsu BPJS Ketenagakerjaan, BSU 2024 apakah ada, login kemnaker.go.id, daftar BSU 2024 online.

Pada tahun 2022, pekerja di Indonesia menghadapi kondisi ekonomi yang berat, dipicu oleh lonjakan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Menghadapi situasi ini,  Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), meluncurkan program Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebagai respons langsung.

Program ini pada tahun 2022 hanya menyalurkan bantuan sebesar Rp 600 ribu, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana bantuan mencapai Rp 1,2 juta pada 2021 dan Rp 2,4 juta selama puncak pandemi COVID-19 di 2020.

Baca Juga: KARYAWAN dengan NIK KTP Ini Dapat Saldo Dana GRATIS 700 Ribu dari Pemerintah Tanpa BSU BPJS Ketenagakerjaan

Selama pandemi, BSU menjadi alat vital dalam upaya pemerintah untuk meringankan beban pekerja yang terdampak.

Namun, ketika situasi pandemi mulai mereda dan BBM naik, program tersebut disesuaikan untuk terus mendukung pekerja, khususnya mereka dengan pendapatan rendah.

Seleksi penerima BSU melibatkan kerja sama antara Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan, dengan prasyarat memiliki gaji dasar yang ditetapkan oleh Kemnaker dan status keaktifan di BPJS Ketenagakerjaan. Namun, pada tahun 2023, distribusi BSU dihentikan.

Sebagai langkah berikutnya, Pemerintah mengundang para pekerja untuk mendaftar Kartu Prakerja, program yang diinisiasi sebagai respons terhadap penghentian BSU.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x