Gerhana Panumba Hari Ini Senin 25 Maret 2025, Ketahui Pengertian dan Jadwalnya, Ini Doa Saat Terjadi Gerhana

- 25 Maret 2024, 13:50 WIB
Ilustrasi. Ketahui apa itu Gerhana Panumba yang terjadi hari ini Senin 25 Maret 2024, pengertian, jadwal dan doa saat terjadi Gerhana.
Ilustrasi. Ketahui apa itu Gerhana Panumba yang terjadi hari ini Senin 25 Maret 2024, pengertian, jadwal dan doa saat terjadi Gerhana. /Pixabay/Ponciano

BERITA DIY - Ketahui apa itu Gerhana Panumba yang terjadi hari ini, Senin, 25 Maret 2024, pengertian, jadwal dan doa saat terjadi Gerhana.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari situs Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG), akan terjadi empat kali kejadian gerhana di tahun 2024 ini. 

Salah satu kejadian gerhana di tahun 2024 adalah Gerhana Bulan Penumbra (GBP), yang akan terjadi pada hari ini.

Namun, fenomen Gerhana Bulan Penumbra di tahun ini tidak dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia. Kejadian ini hanya dapat disaksikan di wilayah Papua Barat, Papua, dan sebagian wilayah Maluku.

Baca Juga: Jam Berapa Melihat Gerhana Bulan Hari Ini 25 Maret 2024 Lokasi di Indonesia

Berdasarkan informasi yang disampaikan di situs BMKG, proses terjadinya GBP terbagi ke dalam tiga fase. Fase pertama diperkirakan terjadi pukul 11.50 WIB.

Selanjutnya adalah fase puncak gerhana yang bisa mulai diamati pada pukul 14.12 WIB. Lalu akan ditutup dengan fase gerhana terakhir yang berlangsung pada pukul 16.34 WIB.

Dengan begitu, proses terjadinya Gerhana Bulan Penumbra 2024 diprediksi akan berlangsung selama 4 jam 43 menit. Berikut perinciannya. 

Apa itu Gerhana Bulan Penumbra?

Lantas, apa itu Gerhana Bulan Penumbra? Simak pengertian, jadwal hingga proses terjadinya Gerhana Bulan Penumbra pada artikel ini.

Mengutip dari situs BMKG, Gerhana Bulan Penumbra merupakan fenomena yang terjadi ketika posisi matahari, bumi, dan bulan sejajar.

Baca Juga: Jadwal Gerhana Bulan Penumbra 25 Maret 2024 di Indonesia dan Lokasi Melihatnya

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x