2 Materi Khutbah Jumat Tentang Keutamaan Puasa di Pekan Kedua Bulan Ramadhan 2024

- 21 Maret 2024, 18:27 WIB
Ilustrasi. 2 materi khutbah Jumat Ramadhan PDF terbaik, khutbah puasa Ramadhan singkat NU online, dan link khutbah Jumat bulan Ramadhan 2024 PDF.
Ilustrasi. 2 materi khutbah Jumat Ramadhan PDF terbaik, khutbah puasa Ramadhan singkat NU online, dan link khutbah Jumat bulan Ramadhan 2024 PDF. /FREEPIK/wirestock

BERITA DIY - Berikut materi khutbah Jumat Ramadhan PDF terbaik, khutbah puasa Ramadhan singkat NU online, dan link khutbah Jumat bulan Ramadhan 2024 PDF.

Ketahui ada 2 materi khutbah Jumat tentang keutamaan puasa di pekan kedua bulan Ramadhan 2024.

Khutbah Jumat merupakan ceramah yang disampaikan sebelum salat berjamaah dua rakaat pada waktu zuhur di hari Jumat. Menurut jumhur ulama, khutbah Jumat ini diwajibkan.

Khutbah berasal dari kata Arab "khotbah" yang artinya pidato atau ceramah. Khutbah Jumat berisi tentang hal-hal keagamaan dan biasanya disampaikan kepada jamaah yang sedang mendengarkan pidato keagamaan pada hari Jumat.

Baca Juga: Durasi Puasa Paling Lama dan Terpendek di Negara Apa Saja?

Salah satu syarat dan rukun khutbah Jumat antara lain seperti: khutbah wajib dihadiri oleh minimal 40 jamaah sholat Jumat.

Materi khutbah Jumat Ramadhan 2024 menyentuh hati

Materi Pertama: Keutamaan Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan adalah ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan iman dan mengharap pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim). Puasa Ramadhan bukan hanya menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga menahan diri dari perbuatan-perbuatan yang dapat membatalkan puasa, seperti berbohong, mengumpat, dan lain-lain.

Pada pekan kedua Ramadhan, umat Islam diharapkan sudah mulai merasakan manfaat dan hikmah dari puasa. Puasa membantu kita untuk lebih disiplin, sabar, dan memiliki kontrol diri yang lebih baik. Selain itu, puasa juga membantu kita untuk lebih dekat dengan Allah SWT dan merasakan empati terhadap orang-orang yang kurang mampu.

Baca Juga: 5 Aplikasi Pinjaman Online Penghasil Saldo DANA Akun Premium Limit Rp 2 Juta di Ramadhan 2024

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x