Kalender Jawa Tanggal 12 Maret 2024 Lengkap Weton Apa Hari Pasaran dan Gambaran Watak Orang Selasa Pon

- 11 Maret 2024, 20:00 WIB
Kalender Jawa tanggal 12 Maret 2024 lengkap dengan weton apa hari pasaran dan gambaran watak orang lahir pada Selasa Pon.
Kalender Jawa tanggal 12 Maret 2024 lengkap dengan weton apa hari pasaran dan gambaran watak orang lahir pada Selasa Pon. /Dok. Kemenag RI

BERITA DIY - Berikut informasi kalender Jawa tanggal 12 Maret 2024 lengkap dengan weton apa hari pasaran dan gambaran watak orang lahir pada Selasa Pon.

Seperti diketahui, Kalender Jawa adalah sistem penanggalan yang digunakan pada masa kerajaan Mataram.

Pada saat itu, Mataram dikuasai oleh Sultan Agung Adi Prabu Hanyakrakusuma. Kalender Jawa memiliki penanggalan dengan 5 hitungan hari, yaitu Pahing, Pon, Legi, Wage, dan Kliwon.

Selain itu, Kalender Jawa merupakan perpaduan antara kalender Saka dan kalender Hijriah. Penanggalan pada kalender Jawa awalnya dibuat oleh Sultan Agung berdasarkan sistem bulan seperti kalender Hijriah.

Baca Juga: Kalender Jawa Tanggal 3 Maret 2024 Lengkap Weton, Pasaran dan Sifat Orang yang Lahir Minggu Wage

Meskipun berbeda dari penanggalan masehi, kalender Jawa tetap digunakan sebagai patokan waktu dan beberapa hal lain khususnya bagi masyarakat Jawa.

Adapun untuk hari Selasa tanggal 12 Maret 2024 dalam kalender Jawa diketahui bertepatan pada 2 Poso 1957.

Kemudian nama pasaran dalam kalender Jawa untuk hari Selasa, 12 Maret 2024 bertepatan pada pasaran Pon dengan wuku Langkir.

Dengan begitu weton hari tersebut bernama weton Selasa Pon dengan jumlah neptu mencapai 10 dengan Selasa bernilai 3 dan Pon 7.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x