Hasil Real Count KPU Terbaru: Suara PSI Terus Naik hingga 3,1 Persen, 2 Pengamat Ungkap Hal Ini di Pemilu 2024

- 2 Maret 2024, 14:07 WIB
Katua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep.  Hasil Real Count KPU Terbaru: Suara PSI Terus Naik hingga 3,1 Persen, 2 Pengamat Ungkap Hal Ini di Pemilu 2024
Katua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. Hasil Real Count KPU Terbaru: Suara PSI Terus Naik hingga 3,1 Persen, 2 Pengamat Ungkap Hal Ini di Pemilu 2024 /Instagram.com/@kaesangp

BERITA DIY - Hari ini, Senin, 2 Maret 2024, suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melesat ke angka 3,12 persen suara sesuai dengan hasil real count KPU di Pemilu 2024 terbaru.

Lonjakan suara PSI tersebut menjadi sorotan netizen. Bagaimana tidak, lonjakan suara PSI melesat jauh 0,42 persen dengan hanya penambahan hitungan TPS 1,12 persen.

Sebelumnya di ketahui pada Senin 26 Februari 2024 suara PSI masih di angka 2,7 persen suara dengan progres TPS 64,61 persen.
 
 
Sementara pada hari ini suara PSI sudah naik menjadi 3,12 persen dan suara dengan penambahan TPS yang hanya 1,12 persen.
 
Melesatnya suara PSI inipun menjadi sorotan masyarakat karena dinilai tak wajar.
 Hal itu juga di ungkapkan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi yang mengatakan, selain PSI lonjakan suara juga terjadi pada parta Gelora.
 
Ternyata bukan hanya PSI yang mengalami penambahan suara yang tak wajar. Partai Gelora juga demikian.
 
 
"Bagaimana sikap partai2 lain? Kayaknya adem-adem aja” tulis Burhanudin lewat akun pribadinya, di X @burhanmuhtadi pada hari ini. 
 
Ia juga mempertanyakan apabila memang terjadi perbedaan anatara hasil hitung cepat (quick count) dengan real count KPU, pada PSI dan Gelora.
 
“Secara statistik hasil hitung semua lembaga sudah jelas kesimpulannya. Kalau terjadi anomali antara hasil hitung cepat dengan real count KPU, kenapa hanya terjadi pada PSI? Saya ngga paham,” ujarnya.

D isisi lain, pengamat sosial ekonomi dan politik, Ferry Koto juga menyoroti peningkatan suara yang dahsyat.

Baca Juga: Daftar Caleg Artis 2024 dari PKS, PAN, PSI, dan PDIP, Ada Komedian, Penyanyi, hingga Pemain Sinetron

“Peningkatan suara PSI ini dahsyat juga ya di RC @KPU_ID,” tulisnya lewat akun X pribadinya.

Menurutnya, peningkatan dahsyat yakni 273.312 suara hanya dalam waktu 2 hari, atau naik 0,33 persen. Padahal, pertambahan TPS yang berhasil diverifikasi hanya 0,36 persen.

Sementara untuk yang bisa lolos ke parlemen membutuhkan 4 persen suara sesuai dengan parlementary treshold terkini.***(Kuncoro Ahmad Tofian)

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x