Berapa Hari Lagi Awal Puasa 2024? Hitung Mundur Menurut Ketetapan Pemerintah, Muhammadiyah, dan NU

- 1 Maret 2024, 15:35 WIB
Ilustrasi. Berapa hari lagi awal ramadhan yang di tetapkan pemerintah menurut pandangan pemerintah, Nahdalatul ulama dan Muhammadiyah. cek disini!
Ilustrasi. Berapa hari lagi awal ramadhan yang di tetapkan pemerintah menurut pandangan pemerintah, Nahdalatul ulama dan Muhammadiyah. cek disini! /Pexels.com/@Thirdman

BERITA DIY - Bagaimana ketetapan awal ramadhan tahun 2024? berapa hari lagi awal ramadhan yang di tetapkan pemerintah menurut pandangan pemerintah, Nahdalatul ulama dan Muhammadiyah. cek disini!

Bulan ramadhan menjadi momen yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Islam. Pada bulan suci Ramadhan seluruh umat islam akan menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya selama sebulan penuh.

Bagi umat Islam, bulan suci Ramadhan juga menjadi waktu yang tepat untuk pembaruan dan penyegaran spiritual.
 
Tidak sekedar menahan haus dan lapar. Bulan suci Ramadhan juga identik dengan memfokuskan diri untuk lebih banyak melakukan ibadah.
 
 
Lalu, ramadhan tahun 2024 ini akan jatuh tanggal berapa? Yuk, coba hitung di sini.
 
Pemerintah nantinya akan menetapkan awal Ramadhan berdasarkan hitung hisab dan Sidang Isbat. Meski begitu, pemerintah telah mengeluarkan tanggal perkiraan pada kalender.
 
Perlu diketahui, jadwal penetapan awal Ramadhan di Indonesia memiliki beberapa pandangan yg merujuk pada Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. Ini penjelasanya!
 
Berdasarkan Muhammadiyah
 
Dikutip dari Intagram resmi Muhammadiyah @lensamu, awal Ramadhan 2024 berlangsung mulai pada tangal 11 Maret 2024.
 
 
Penetapan awal Ramadhan oleh Muhammadiyah memang diputuskan sejak jauh-jauh hari. Pasalnya, perhitungan yang diterapkan oleh Muhammadiyah menggunakan hisab atau peredaran bulan.
 
Berdasarkan Nahdlatul Ulama (NU)
 
Pengurus besar Nahdlatul Ulama (PBNU) belum menetapkan awal Ramadhan 2024. Namun PBNU sudah menjadwalkan pemantauan hilal atau rukyatul hilal awal Ramadhan 1445 H pada 10 Maret mendatang.
 
PBNU bekerjasama dengan Lembaga Falakiyah (LF) kemudian hasil pemantauan ini nantinya akan di teruskan ke Kementerian Agama sebagai bahan pertimbangan sidang isbat.
 
 
Jadi, Berapa Hari Lagi Awal Puasa tahun 2024?
 
Berdasarkan jadwal pemerintah menurut kalender Kemenag, umat islam di perkirakan akan menjalani puasa perdana pada Ramadhan 2024 dalam 11 hari lagi, pada 12 Maret 2024.
 
Sementara jika merujuk pada penetapan Muhammadiyah, maka umat islam akan mengawali puasa pada Ramadhan 2024 sekitar 10 hari lagi.
 
Demikian pembahasan mengenai hitung mundur ramadhan 2024. Semoga selalu memeberikan manfaat.***(Kuncoro Ahmad Tofian)

 

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x