Hukum Meminta Maaf Sebelum Memasuki Ramadhan Apakah Wajib? Benarkah Puasa Tidak Diterima Jika Belum Minta Maaf

- 27 Februari 2024, 17:10 WIB
Penjelasan hukum meminta maaf sebelum memasuki bulan Ramadhan apakah wajib dan benarkah puasa tidak diterima jika belum minta maaf.
Penjelasan hukum meminta maaf sebelum memasuki bulan Ramadhan apakah wajib dan benarkah puasa tidak diterima jika belum minta maaf. /Pixabay/chiplanay

BERITA DIY - Simak penjelasan hukum meminta maaf sebelum memasuki bulan Ramadhan apakah wajib dan benarkah puasa tidak diterima jika belum minta maaf di sini.

Sebagaimana diketahui umat Muslim akan segera memasuki bulan suci Ramadhan dalam waktu dekat.

Meski awal bulan Ramadhan 2024 belum ditetapkan oleh pemerintah, sejumlah pihak telah memprediksi bahwa puasa akan dikerjakan di bulan Maret mendatang.

Jelang bulan Ramadhan biasanya akan banyak orang yang meminta maaf atas kesalahan yang pernah dilakukan kepada orang lain.

Baca Juga: Download Poster Hitung Mundur Ramadhan 2024 Gambar PNG Keren File Vektor dan PSD Gratis

Tetapi bagaimana sebenarnya hukum meminta maaf sebelum Ramadhan dan benarkan puasa tidak diterima jika belum maaaf-maafan?

Dalam berbagai riwayat maupun hadist memang tidak dijelaskan bagaimana hukum meminta maaf sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Pun tidak ada dalil yang menyebutkan bahwa puasa di bulan Ramadhan tidak akan diterima jika belum meminta maaf kepada orang lain.

Meski demikian meminta maaf kepada orang lain sebelum bulan Ramadhan tetap bolah dikerjakan dengan tujuan menyambung silaturahmi dan menghilangkan penyakit hati.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x