Keutamaan Puasa Nisfu Syaban, Kapan Jadwal Pelaksanaannya? Ini Bacaan Niat Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia

- 19 Februari 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi - Keutamaan puasa Syaban dan kapan jadwal pelaksanaannya. Berikut ini bacaan niat bahasa Arab dan latin Bahasa Indonesia.
Ilustrasi - Keutamaan puasa Syaban dan kapan jadwal pelaksanaannya. Berikut ini bacaan niat bahasa Arab dan latin Bahasa Indonesia. /Pixabay.com/@mohamed_hassan

BERITA DIY - Simak keutamaan puasa Nisfu Syaban dan kapan jadwal pelaksanaannya. Berikut ini bacaan niat bahasa Arab dan latin Bahasa Indonesia.

Ketahui kapan jadwal pelaksanaa puasa Syaban, bacaan niat Bahasa Arab dan latin Bahasa Indonesia hingga keutamaan melaksanakannya.

Salah satu hari istimewa pada pertengahan bulan Syaban yakni Nisfu Syaban. Pada hari ini, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan puasa.

Pada malam Nisfu Syaban, 300 pintu rahmat dan pintu ampunan dibuka oleh Allah SWT. Maka, melaksanakan amalan sholeh salah satunya puasa sunnah, snagat dianjurkan.

Baca Juga: Jadwal Puasa Nisfu Syaban 2024, Kapan 15 Syaban 1445 H Jatuh Tanggal Berapa? Niat Puasa Tulisan Arab dan Latin

Adapun puasa Nisfu Syaban hukumnya sunnah, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

"Jika tiba waktu malam nisfu Sya'ban, maka beribadahlah dimalamnya dan puasalah disiangnya, karena sesungguhnya Allah Ta'ala menurunkan rahmat-Nya mulai tenggelamnya matahari (Maghrib) di langit dunia dan berfirman, 'Siapa yang meminta ampun akan Aku ampuni. Siapa yang minta rezeki akan Aku beri rezeki. Siapa yang terkena musibah akan Aku sembuhkan. Siapa yang minta ini dan itu seterusnya, sampai waktu terbitnya fajar (matahari)." (HR. Ibnu Majah).

Lalu kapan jadwal puasa Syaban 1445 Hijriah atau 2024?

Merujuk pada situs Nahdlatul Ulama (NU), Nisfu Syaba jatuh pada pertengahan bulan yakni tanggal 15 Syaban 1445 Hijriah. Artinya malam Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 14 Syaban malam.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x