4 Cara dan Aplikasi untuk Membuka File serta Menambahkan Tanda tangan File PDF dengan Mudah 

- 15 Februari 2024, 17:20 WIB
4 cara dan aplikasi untuk membuka file PDF dan cara untuk menambahkan tanda tangan di PDF mudah hanya  lewat HP. Simak di sini untuk penjelasan lengkapnya.
4 cara dan aplikasi untuk membuka file PDF dan cara untuk menambahkan tanda tangan di PDF mudah hanya lewat HP. Simak di sini untuk penjelasan lengkapnya. /Pixabay/Sergei Tokmakov

BERITA DIY - Berbagai dokumen di era sekarang sudah beralih ke versi digital. Salah satunya adalah file Portable Document Format (PDF). Simak di sini tentang cara dan aplikasi untuk membuka file serta menambahkan tanda tangan PDF tentunya mudah. 

Walaupun peralihan dokumen ini dianggap mudah, akan masih ada hal yang sedikit menyulitkan bagi beberapa pengguna. Salah satunya adalah ketika harus membubuhkan tanda tangan pada jenis dokumen tertentu. 

Bahkan terkadang dibutuhkan beberapa aplikasi untuk membuka dokumen PDF apabila lewat HP. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa didapatkan dari Google Play Store. 

Lantas, bagaimana cara membubuhkan tanda tangan di PDF dan apa saja aplikasi untuk membuka PDF lewat HP? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Baca Juga: Cara Mudah Membuat PPT Menggunakan WPS Office di HP, Simak 6 Langkah Berikut ini

Aplikasi Pembuka File PDF untuk HP Android 

Beberapa aplikasi yang disarankan untuk membuka file PDF lewat HP android adalah sebagai berikut : 

Adobe Acrobat Reader 

Salah satu aplikasi pembaca yang bisa dipasang di HP Android adalah Adobe Acrobat Reader. Beberapa kegunaan dari kegunaan aplikasi ini adalah 

  • Melihat dokumen PDF 
  • Membagikan dokumen, 
  • Memberi keterangan dalam dokumen 
  • Menambahkan komentar 
  • Menandatangani dokumen 

Aplikasi ini juga tersedia versi premium. Dalam versi ini pengguna bisa mengedit teks dan gambar dalam dokumen PDF 

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah