Silent Majority Adalah Apa? Istilah Viral Setelah Hasil Quick Count Pemilu 2024 Menangkan Prabowo Gibran

- 15 Februari 2024, 16:00 WIB
Silent majority adalah apa, ini pengertian istl=ilah yang viral setelah hasil quick count Pemilu 2024 menangkan Prabowo-Gibran.
Silent majority adalah apa, ini pengertian istl=ilah yang viral setelah hasil quick count Pemilu 2024 menangkan Prabowo-Gibran. /Tangkapan layar kpu.go.id

BERITA DIY - Silent majority menjadi istilah yang viral setelah hasil quick counte Pemilu 2024 dirilis berbagai lembaga survei pada Rabu, 14 Februari 2024.

Hasil hitung cepat Pemilu 2024 Pilpres dari sejumlag lemabag survei kenamaan memposisikan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subiantor-Gibran sebagai pemenang.

Salah satu tim pemenangan Prabowo-Gibran Ridwan Kamil pun mengatakan hasil quick count Pemilu 2024 menunjukkan bahwa silent majority sudah berbicara.

Lalu apa itu silent majority istilah yang viral setelah hasil quick count Pemilu 2024 menangkan Prabowo-Gibran? Simak pengertian istilah tersebut di sini.

Baca Juga: Cara Cek Real Count KPU di Pemilu 2024, Simak di Sini Link dan Cara Melihatnya di pemilu2024.kpu.go.id

Istilah silent majority bukanlah kosa kata baru dalam politik. Bahkan istilah ini sudah digunakan sejak tahun 90-an dalam Pemilu Amerika Serikat.

Warren Harding merupakan politisi pertama yang memakai istilah silent majority (1919). Kemudian kembali digaungkan oleh Richard Nixon (1969).

Dalam pidatonya Nixon menggunakan istilah silent majority sebagai cara menggalang semangat para pemilih yang merasa belum puasa terhadap sistem pemilu.

Silent majority memiliki kaitan yang sangat erat dalam pemilu. Istilah ini menggambarkan masyarakat yang secara tidak terbuka dalam menyataka dukungan kepada paslon tertentu dalam kontestasi pemilu.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x