PEKERJA DAFTAR SEKARANG! BLT 2,4 Juta Cair ke 10 Juta Penerima Tanpa BSU BPJS Ketenagakerjaan, Cek Nama Kesini

- 6 Februari 2024, 17:30 WIB
Yuk Pekerja pakai KTP daftar ke sini bisa dapat uang BLT Rp 750 ribu tak perlu cek BSU 2023 BPJS Ketenagakerjaan kapan cair
Yuk Pekerja pakai KTP daftar ke sini bisa dapat uang BLT Rp 750 ribu tak perlu cek BSU 2023 BPJS Ketenagakerjaan kapan cair /Tangkap layar bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id/

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari cek BSU 2024 dengan NIK KTP login BPJS Ketenagakerjaan - Kemnaker, BSU 2024 kapan cair, daftar BSU 2024 online, BSU 2024 apakah ada dan nama penerima BSU.

Di tengah kesulitan ekonomi yang dialami banyak pekerja Indonesia pada tahun 2022, akibat lonjakan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), telah berupaya meredam dampak negatifnya dengan mengeluarkan program bantuan subsidi upah (BSU).

Program BSU yang diluncurkan pada tahun tersebut menyediakan bantuan sebesar Rp 600 ribu, yang diberikan hanya sekali, menandai perbedaan signifikan dari penyaluran di tahun-tahun sebelumnya.

Sebagai perbandingan, di tahun 2021, BSU mencapai Rp 1,2 juta, dan di tahun 2020, saat pandemi COVID-19 pertama kali melanda, jumlah bantuan meningkat hingga Rp 2,4 juta.

Baca Juga: SELAMAT! NIK KTP Terdaftar Di Sini Dapat BLT 3 Juta 2024 Tanpa BSU BPJS Ketenagakerjaan, Ada 10 Juta Penerima

Fluktuasi nominal BSU ini mencerminkan respons pemerintah terhadap berbagai kebutuhan dan kondisi ekonomi yang berubah setiap tahun.

BSU di tahun 2020 dan 2021 menjadi bagian dari strategi pemerintah untuk mengurangi beban ekonomi yang dialami pekerja akibat pandemi.

Namun, dengan pandemi yang mulai mereda di tahun 2022, tantangan baru muncul akibat kenaikan harga BBM, khususnya bagi pekerja berpenghasilan rendah. Oleh karena itu, fokus BSU dialihkan untuk membantu kelompok tersebut.

Seleksi penerima BSU dilakukan melalui kerjasama antara Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan, dengan syarat utama adalah memiliki gaji dasar sesuai yang ditetapkan oleh Kemnaker dan status kepesertaan aktif di BPJS Ketenagakerjaan. Akan tetapi, pada tahun 2023, BSU tidak lagi disalurkan.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah