Kongzili Artinya Apa dalam Kalender Imlek 2024 Lengkap Peruntungan Shio di Tahun Baru China 2575

- 6 Februari 2024, 10:58 WIB
Ilustrasi. Definisi Kongzili artinya apa dalam kalender Imlek 2024 lengkap peruntungan shio di Tahun Baru China 2575.
Ilustrasi. Definisi Kongzili artinya apa dalam kalender Imlek 2024 lengkap peruntungan shio di Tahun Baru China 2575. /Instagram.com/@majuhardwaremadiun

BERITA DIY - Banyak yang mencari tahu definisi Kongzili artinya apa dalam kalender Imlek 2024 lengkap peruntungan shio di Tahun Baru China 2575.

Tahun Baru China atau Imlek merupakan salah satu perayaan terbesar bagi masyarakat Tionghoa di seluruh dunia. Imlek jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya, karena mengikuti sistem penanggalan bulan atau lunar. Tahun ini, Imlek akan dirayakan pada 10 Februari 2024, yang bertepatan dengan tahun 2575 Kongzili.

Apa arti Kongzili Imlek dan bagaimana peruntungan shio di Tahun Baru China 2575? Simak ulasan berikut ini.

Apa itu Kongzili?

Menurut Lifestyle Asia, Kongzili adalah istilah yang digunakan untuk menyebut penanggalan China yang berdasarkan pada peredaran bulan mengelilingi bumi. Kongzili juga dikenal sebagai Yinli, yang berarti penanggalan bulan. Dalam bahasa Mandarin, Yin berarti bulan, sedangkan Li berarti penanggalan. Kongzili atau Yinli berbeda dengan penanggalan Masehi atau Yangli, yang berdasarkan pada peredaran bumi mengelilingi matahari. Yang berarti matahari dalam bahasa Mandarin.

Baca Juga: Apa Itu Gohyong Ngohiong Jenis-jenis Makanan Khas Imlek Viral TikTok

Kongzili memiliki 12 bulan dalam satu tahun, dengan setiap bulan memiliki 29 atau 30 hari. Jumlah hari dalam satu tahun Kongzili adalah 354 hari, lebih pendek daripada tahun Yangli yang memiliki 365 hari. Untuk menyesuaikan perbedaan ini, Kongzili menambahkan bulan kabisat atau run yue setiap dua atau tiga tahun sekali. Bulan kabisat ini biasanya dimasukkan setelah bulan keenam atau kedua belas.

Nama Kongzili berasal dari nama Nabi Kongzi atau Kong Fuzi, yang lebih dikenal sebagai Confucius dalam bahasa Inggris. Kongzi adalah seorang filsuf, guru, dan pendiri agama Khonghucu. Kongzi menyarankan untuk menggunakan kembali penanggalan Dinasti Xia, yang merupakan dinasti pertama dalam sejarah China, sebagai pedoman untuk bercocok tanam. Sebagai bentuk penghormatan, penanggalan ini kemudian dinamakan Kongzili.

Tahun Naga Kayu 2024

Tahun 2024 dalam kalender Imlek Kongzili adalah tahun 2575 merupakan tahun shio Naga Kayu. Naga adalah salah satu dari 12 hewan yang mewakili siklus 12 tahun dalam penanggalan China. Naga menjadi hewan mitologi yang melambangkan kekuatan, keberanian, dan keberuntungan. Menjadi satu-satunya hewan khayalan dalam penanggalan China, yang menunjukkan betapa istimewanya shio Naga ini.

Selain hewan, kalender China juga menggunakan lima elemen, yaitu kayu, api, tanah, logam, dan air. Elemen ini berhubungan dengan sifat, warna, arah, musim, dan planet. Elemen ini juga memiliki siklus 60 tahun, yang terdiri dari 12 hewan dikombinasikan dengan lima elemen. Setiap elemen memiliki dua bentuk, yaitu besar dan kecil. Elemen besar berhubungan dengan tahun ganjil, sedangkan elemen kecil berhubungan dengan tahun genap.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah