Apa Itu Gohyong Ngohiong Jenis-jenis Makanan Khas Imlek Viral TikTok

- 6 Februari 2024, 09:18 WIB
Kuliner viral TikTok gohyong apa itu makanan khas mana, bumbu ngohiong yang dipakai apa saja untuk disajikan saat Imlek 2024.
Kuliner viral TikTok gohyong apa itu makanan khas mana, bumbu ngohiong yang dipakai apa saja untuk disajikan saat Imlek 2024. /Tangkap layar Instagram.com/@gohyongcikini

BERITA DIY - Ketahui tentang gohyong apa itu makanan khas mana, bumbu ngohiong yang dipakai apa saja untuk disajikan saat Imlek.

Di artikel ini akan diketahui apa itu gohyong dan ngohiong jenis-jenis makanan khas Imlek viral TikTok.

Kuliner malam gohyong yang dipasarkan di daerah Menteng Jakarta Pusat, Fatmawati hingga Stasiun Cikini sempat viral TikTok sebagai makanan yang wajib dicoba saat Imlek 2024.

Dalam sejarah bahasanya, gohyong berasal dari kata ngohiang atau ngohiong yang merupakan kuliner khas peranakan Tionghoa yang menyebar ke wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Tanggal 8 Februari 2024 Memperingati Hari Apa, Apakah 9 Februari Libur Tanggal Merah Cuti Bersama Imlek?

Tak hanya di Jakarta, kuliner gohyong juga bisa ditemukan di sejumlah daerah seperti Pontianak, Medan, Bogor, Surabaya, hingga Jakarta.

Apa itu gohyong atau ngohiong?

Tidak ada banyak perubahan gohyong atau ngohiong dari bentuk, bumbu, dan isian di dalam makanan khas Imlek ini.

Bentuk gohyong dibuat memanjang untuk dikukus, hampir sama seperti Lumpia. Lalu dalam penyajiannya dipotong-potong serong atau melintang yang selanjutnya digoreng agar lebih gurih.

Setelah tersaji, Anda akan mengetahui isian gohyong yakni berupa campuran daging babi atau ayam, udang, telur yang dibungkus kulit tahu.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x