Uang Bantuan Rp 400 Ribu Masuk Rekening BRI BNI, Cek Bansos Tanda BLT BPNT Januari-Februari 2024 Cair

- 26 Januari 2024, 14:30 WIB
Ilustrasi. Cek uang bantuan BLT Rp 400 ribu dari pemerintah cair ke rekening BRI BNI, cek tanda penerima bansos BPNT Januari-Februari 2024.
Ilustrasi. Cek uang bantuan BLT Rp 400 ribu dari pemerintah cair ke rekening BRI BNI, cek tanda penerima bansos BPNT Januari-Februari 2024. /Tangkap layar Facebook.com/Info BPNT

 

BERITA DIY - Pada tahun 2024, pemerintah masih terus memberikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat miskin dan rentan. Salah satu bentuk bansos dari Kementerian Sosial (Kemensos) adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

BPNT adalah bantuan tunai langsung (BLT) yang diberikan kepada keluarga miskin atau rentan miskin untuk memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari.Setiap bulan, BPNT memberikan bantuan sebesar Rp 200 ribu selama 12 bulan dalam satu periode. Jadi, dalam setahun, penerima BPNT dapat menerima total Rp 2,4 juta.

Namun, pencairan BPNT 2024 tidak dilakukan setiap bulan, melainkan setiap dua bulan atau tiga bulan sekali, tergantung pada lembaga penyalur yang ditunjuk oleh pemerintah.

Untuk pencairan BPNT setiap tiga bulan, penerima akan mendapatkan Rp 600 ribu sekaligus yang bisa diambil di kantor pos terdekat dengan syarat membawa KTP dan KK.

Baca Juga: Cara Cek Bantuan Uang BPJS Kesehatan KIS di Bansos BPNT 2024 Dapat BLT Rp 400 Ribu

Untuk pencairan BPNT setiap dua bulan, penerima akan mendapatkan Rp 400 ribu sekaligus yang akan ditransfer ke rekening bank miliknya. Bank-bank yang bekerja sama dengan pemerintah untuk menyalurkan BLT BPNT adalah bank Himbara, seperti BRI, BNI, Mandiri, dan BSI.

Untuk mengecek apakah Anda termasuk penerima BPNT atau tidak, Anda dapat melakukan pengecekan secara online di situs resmi Kemensos melalui tautan cekbansos.kemensos.go.id.

Anda dapat memasukkan nama lengkap dan alamat provinsi-desa yang sesuai dengan data yang terdaftar di DTKS Kemensos di situs ini. Jika Anda terdaftar sebagai penerima BPNT, Anda akan melihat status, keterangan, dan jadwal periode pencairan BPNT Anda.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x