Apa Itu Stunting? Cek Penyebab, Ciri-ciri, dan Cara Pencegahannya

- 22 Januari 2024, 17:00 WIB
Ilustrasi. Informasi apa itu stunting adalah apa, penyebab, ciri-ciri, dan cara pencegahannya agar tidak terjadi pada anak.
Ilustrasi. Informasi apa itu stunting adalah apa, penyebab, ciri-ciri, dan cara pencegahannya agar tidak terjadi pada anak. /Freepik/@rawpixel

BERITA DIY - Mengenal apa itu stunting, penyebab, ciri-ciri, dan cara pencegahannya agar tidak terjadi pada anak.

Stunting menjadi salah satu permasalahan kesehatan di Indonesia. Merujuk data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), jumlah kasus stunting di Indonesia masih tergolong tinggi yaitu 3 dari 10 anak.

Stunting bukanlah masalaha kesehatan ringan, pasalnya anak yang mengalami stunting berisiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan seperti infeksi, anemia, dan gangguan perkembangan otak. Selain itu, mereka juga berisiko mengalami gangguan kognitif dan masalah pendidikan.

Lalu, sebenarnya apa itu stunting? Apa penyebab dan bagaimana cara pencegahannya? Simak informasi di sini.

Baca Juga: Mengenal Stunting Adalah Apa: Penyebab, Ciri-ciri, dan Pencegahan

Apa itu stunting?

Menurut WHO (2015) dikutip dari laman yankes.kemkes.go.id, stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar.

Masih menurut WHO (2020), stunting adalah pendek atau sangat pendek berdasarkan panjang / tinggi badan menurut usia yang kurang dari -2 standar deviasi (SD) pada kurva pertumbuhan WHO yang terjadi dikarenakan kondisi irreversibel akibat asupan nutrisi yang tidak adekuat dan/atau infeksi berulang / kronis yang terjadi dalam 1000 HPK.

Meski demikian, tidak semua anak balita yang pendek itu stunting. Namun balita yang stunting sudah pasti pendek.

Ciri-ciri anak stunting

Merujuk dari laman dppkbpppa.pontianak.go.id, ciri-ciri anak mengalami stunting seperti tumbuh kembang yang lambat, wajah tampak lebih muda dari anak seusianya, hingga berat badan tidak naik bahkan cenderung menurun.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x