Apa Itu Stunting? Kenali Gejala, Penyebab, Hingga Cara Pencegahannya Agar Tumbuh Kembang Anak dapat Optimal

- 10 Februari 2023, 12:50 WIB
Ilustrasi. – Kenali apa itu stunting, gejala, penyebab, hingga cara pencegahan agar masa depan anak lebih baik dapat Anda temukan penjelasannya di sini.
Ilustrasi. – Kenali apa itu stunting, gejala, penyebab, hingga cara pencegahan agar masa depan anak lebih baik dapat Anda temukan penjelasannya di sini. /Pixabay.com/StockSnap

BERITA DIY – Simak penjelasan mengenai stunting pada anak yang dapat Anda temukan dalam artikel ini. Kenali gejala dan penyebabnya sejak dini hingga cara pencegahannya agar tumbuh kembang anak dapat optimal.

Stunting merupakan kondisi dimana anak mengalami gangguan tumbuh kembang karena kurangnya asupan gizi pada tubuh atau terserang infeksi.

Kondisi tersebut juga menandakan bahwa nutrisi yang diperoleh anak belum maksimal. Stunting pada anak perlu mendapat perhatian lebih dan tidak boleh diabaikan.

Hal ini karena apabila terjadi pengabaian terhadap kondisi stunting, maka akan terjadi dampak jangka panjang terhadap anak tersebut.

Baca Juga: Stunting adalah Apa? Ini Penyebab dan Cara Mencegah Anak Alami Gangguan Tumbuh Kembang

Bukan tidak mungkin, selain tumbuh kembang anak yang akan terganggu, kekuatan daya tahan tubuh hingga perkembangan otak akan berkurang.

Terdapat pula kemungkinan seorang anak mengalami stunting sejak dalam kandungan. Namun, memang umumnya kondisi stunting ini akan terlihat saat anak berusia dua tahun.

Dikutip BeritaDIY dari laman diskes.baliprov.go.id, Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan bahwa persentase stunting di Indonesia secara umum masih perlu perhatian khusus.

Halaman:

Editor: Sani Charonni

Sumber: diskes.baliprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x