Cek Bansos 600 Ribu Pakai Kode Unik Ini, Cari DATA DTKS Sebagai Penerima Uang Bantuan Pemerintah

- 12 Januari 2024, 20:53 WIB
Ilustrasi. Cek bansos 600 ribu pakai kode unik yang ada di layar, cari data DTKS sebagai penerima uang bantuan pemerintah atau tidak.
Ilustrasi. Cek bansos 600 ribu pakai kode unik yang ada di layar, cari data DTKS sebagai penerima uang bantuan pemerintah atau tidak. /Tangkap layar Facebook.com/Ainun Abidin

BERITA DIY - Segera cek bansos 600 ribu pakai kode unik yang ada di layar, cari data DTKS sebagai penerima uang bantuan pemerintah atau tidak.

Untuk mengetahui cara cek bansos 600 ribu lewat HP bisa dengan klik di cekbansos.kemensos.go.id. Kemudian isikan nama lengkap, nama provinsi/kabupaten/kecamatan/kelurahan sesuai KTP.

Lalu ketikkan kode unik yang ada di layar. Biasanya ada empat unit alfanumerik yang wajib diketikkan. Harus benar. Lalu klik "Cari Data".

Ada dua bansos dari pemerintah yang dicairkan pada Januari 2024 ini, antara lain: Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Baca Juga: Uang Bantuan Pemerintah Nominal Rp 600 Ribu di Penghujan 2024 Cair Kapan, Cek Bansos BPNT Tahap 1

BPNT singkatan Bantuan Pangan Non Tunai menjadi bantuan pemerintah reguler yang terus dicairkan sepanjang tahun.

BPNT dicairkan secara rapel per dua bulan BLT Rp 400 ribu di rekening BRI BNI Mandiri BSI, sementara pencairan BPNT BLT Rp 600 ribu lewat kantor pos.

BPNT tidak boleh disebut sebagai gaji bulanan. Pasalnya, uang bantuan tersebut bisa sewaktu-waktu dicabut jika:

1. Ada NIK KTP dalam Kartu Keluarga (KK) penerima yang mempunyai upah sesuai dengan UMK setempat.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x